Bacaan Doa Niat Mandi Haid Lengkap: Arab, Latin, dan Terjemahan dalam Bahasa Indonesia

- 1 April 2021, 17:55 WIB
Ilustrasi orang yang sedang mandi.
Ilustrasi orang yang sedang mandi. /Pixabay/StockSnap

BERITA DIY - Dalam Islam, seorang wanita yang telah selesai dari masa haid diwajibkan melakukan mandi wajib sebelum melaksanakan ibadah wajib.

Karena ketika seorang wanita belum bersih dari haid, wanita tersebut tidak diperbolehkan untuk menjalankan ibadah  seperti salat lima waktu, memegang Al-Quran, maupun berpuasa.

Namun, untuk melakukan mandi wajib atau juga biasa disebut mandi besar, terdapat tata cara yang harus dipenuhi serta niat yang benar.

Baca Juga: Sebut Wibawa Jokowi Semakin Merosot, Amien Rais: Kemunduran Demokrasi dan Jadi Oligarki Cukup Ganas

Karena niat tersebut menentukan dari sah dan tidaknya tindakan seseorang. 

Perintah mandi wajib telah tertuang jelas di dalam Alquran, salaah satunya terdapat dalam Alquran surat Al-Maidah ayat 6.

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا إِذَا قُمْتُمْ إِلَى الصَّلَاةِ فَاغْسِلُوا وُجُوهَكُمْ وَأَيْدِيَكُمْ إِلَى الْمَرَافِقِ وَامْسَحُوا بِرُءُوسِكُمْ وَأَرْجُلَكُمْ إِلَى الْكَعْبَيْنِ ۚ وَإِنْ كُنْتُمْ جُنُبًا فَاطَّهَّرُوا ۚ وَإِنْ كُنْتُمْ مَرْضَىٰ أَوْ عَلَىٰ سَفَرٍ أَوْ جَاءَ أَحَدٌ مِنْكُمْ مِنَ الْغَائِطِ أَوْ لَامَسْتُمُ النِّسَاءَ فَلَمْ تَجِدُوا مَاءً فَتَيَمَّمُوا صَعِيدًا طَيِّبًا فَامْسَحُوا بِوُجُوهِكُمْ وَأَيْدِيكُمْ مِنْهُ ۚ مَا يُرِيدُ اللَّهُ لِيَجْعَلَ عَلَيْكُمْ مِنْ حَرَجٍ وَلَٰكِنْ يُرِيدُ لِيُطَهِّرَكُمْ وَلِيُتِمَّ نِعْمَتَهُ عَلَيْكُمْ لَعَلَّكُمْ تَشْكُرُونَ

Hai orang-orang yang beriman, apabila kamu hendak mengerjakan shalat, maka basuhlah mukamu dan tanganmu sampai dengan siku, dan sapulah kepalamu dan (basuh) kakimu sampai dengan kedua mata kaki, dan jika kamu junub maka mandilah, dan jika kamu sakit atau dalam perjalanan atau kembali dari tempat buang air (kakus) atau menyentuh perempuan, lalu kamu tidak memperoleh air, maka bertayammumlah dengan tanah yang baik (bersih); sapulah mukamu dan tanganmu dengan tanah itu. Allah tidak hendak menyulitkan kamu, tetapi Dia hendak membersihkan kamu dan menyempurnakan nikmat-Nya bagimu, supaya kamu bersyukur.”

Berikut niat dan tata cara mandi wajib dengan benar:

Halaman:

Editor: Muhammad Suria


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x