Berikut 6 Amalan Penambah Pahala saat Bulan Ramadhan agar Puasa Jadi Bermakna

- 8 April 2021, 15:00 WIB
Ilustrasi Al Quran. Berikut 6 Amalan Penambah Pahala saat Bulan Ramadhan agar Puasa Jadi Bermakna.
Ilustrasi Al Quran. Berikut 6 Amalan Penambah Pahala saat Bulan Ramadhan agar Puasa Jadi Bermakna. /Pixabay/hmzasefaa

BERITA DIY - Enam amalan penambah pahala saat bulan Ramadhan. Ramadhan 1442 H akan tiba dalam beberapa hitungan hari lagi. Pastinya banyak umat muslim merindukan bulan penuh berkah dan ampunan ini. Segala macam perbuatan haq insyaallah mendatangkan pahala.

Lantas, apa sajakah amalan-amalan baik untuk banyak dilakukan ketika bulan Ramadhan tiba?

1. Berpuasa. Tentu saja dalam waktu sebulan penuh di bulan Ramadhan yang menganut agama Islam diwajibkan untuk berpuasa. Puasa sendiri ada dalam lima rukun islam, seperti firman Allah dalam QS Al-Baqarah, yang artinya:

Baca Juga: Spesifikasi dan Harga HP Realme 8 dan Realme 8 Pro, Resmi Diboyong Masuk Indonesia 7 April 2021

“Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kami agar kamu bertaqwa,” (QS Al-Baqarah:183).

2. Membaca Al-Qur’an atau tadarus. Membaca Al-Qur’an di bulan Ramadhan niscaya pahala yang didapat menjadi berlipat ganda. Rasulullah SAW juga memperbanyak membaca Al-Qur’an di hari-hari Ramadhan.

Seperti cerita dalam hadis Aisyah RA, ia berkata: “Saya tidak pernah mengetahui Rasulullah SAW membaca Al-Qur’an semuanya, sholat sepanjang malam, dan puasa sebulan penuh selain di bulan Ramadhan.” (HR. Ahmad)

3. Khataman Al-Qur’an. Membaca Al-Qur’an dengan tujuan khataman atau membaca sampai habis dari Surat Al- Baqarah hingga Surat An-Naas dinilai ibadah yang mulia di bulan suci Ramadhan. Ulama terdahulu seperti Imam Syafi’i menghatamkan Al-Qur’an sebanyak 60 kali diwaktu Ramadhan.

Baca Juga: Sepanjang 2021 Polri Berhasil Amankan 60 Terduga Teroris dari Berbagai Daerah di Tanah Air

4. Mendirikan tarawih. Sholat tarawih hanya ada selama bulan Ramadhan saja, rasanya sangat disayangkan jika meninggalkan amalan sholat tarawih hanya demi kegiatan lain yang biasa dilakukan di bulan-bulan lainnya. Sholat tarawih dilaksanakan setelah sholat isya sebanyak 11 atau 23 rakaat dan diakhiri dengan witir.

Halaman:

Editor: Muhammad Suria


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x