Doa Berbuka Puasa dan  Amalan-amalan Baik yang Disunnahkan Rasulullah SAW ketika Berbuka

- 13 April 2021, 15:30 WIB
ilustrasi berbuka puasa.
ilustrasi berbuka puasa. /rawpixel/ Freepik.com / rawpixel

BERITA DIY - Hari ini, Rabu, 13 April 2021 menjadi hari pertama puasa di bulan Ramadhan 1442 H/2021 M. Tentunya berbuka puasa di waktu Ramadhan ini menjadi sesuatu yang dirindukan.

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika waktu menjelang berbuka tiba hingga waktu berbuka. Beberapa amalan baik untuk dilakukan ketika berbuka seperti yang disunnahkan Rasulullah saw.

Seperti membaca basmallah dan doa berbuka sebelum menyantap hidangan buka puasa. Inilah amalan-amalan baik yang disunnahkan Rasulullah saw ketika berbuka puasa:

Baca Juga: Bacaan Niat Sholat Qobliyah Subuh, Dhuhur, Ashar, dan Isya beserta Keutamaan: Bahasa Arab, Latin, dan Artinya

  • Menyegerakan berbuka puasa

Menyegerakan diri untuk membatalkan puasa begitu adzan magrib berkumandang adalah amalan sunah yang dianjurkan. Sebagaimana dalam hadis riwayat Buhkari-Muslim, “Manusia akan senantiasa berada dalam kebaikan selama mereka menyegerakan berbuka.”

  • Berbuka dengan hidangan yang manis (kurma, susu, air)

Rasulullah saw menyukai berbuka dengan hidangan dengan cita rasa manis, salah satunya kurma. Diriwayatkan Anas bin Malik, Rasulullah bebrbuka dengan kurma basah (ruthab) sebelum menunaikan sholat.

Jika memang tidak ada kurma, bisa cari kudapan lain yang memiliki kandungan gula seperti susu, air tebu, yang bisa menjadi pengganti.

Baca Juga: Akses Eform BRI eform.bri.co.id untuk Cek Daftar Penerima BLT UMKM Rp1,2 Juta bagi 12 Juta Penerima

Kandungan gula alami dalam makanan atau minuman bagi bagi tubuh sebagai penganti cairan yang hilang selama berpuasa.

  • Awali berbuka dengan menyebut nama Allah

Sama artinya dengan, baca Basmalah (Bismillahirahmanirrahim) terlebih dahulu sebelum memasukkan apapun ke dalam mulut. Hal ini bisa jadi sering terlewati karena sudah keburu lapar atau haus

Halaman:

Editor: Muhammad Suria


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x