Cara Diaspora Indonesia di Inggris Peringati Ibadah Puasa Ramadhan Tahun Ini

- 12 April 2021, 20:06 WIB
Ilustrasi. Cara Diaspora Indonesia Peringati Ibadah Puasa Ramadhan Tahun Ini.
Ilustrasi. Cara Diaspora Indonesia Peringati Ibadah Puasa Ramadhan Tahun Ini. /Redaksi Info Semarang Raya

BERITA DIY - Menjalankan ibadah puasa Ramadhan di Inggris tahun ini bagi diaspora Indonesia yang beragama Islam, tetap terasa istimewa sekalipun berlangsung di tengah pandemi COVID-19 dan jauh dari sanak saudara di Tanah Air.

Diaspora Indonesia tersebut tetap menghiasi momen puasa Ramadhan di Inggris dengan saling silaturahmi meskipun tengah berada di suasana lockdown. Momen Ramadan ini mereka manfaatkan untuk saling berbagi, bahkan saling bermaafan.

Tahun-tahun sebelumnya, diaspora Indonesia di Inggris ini masih bebas berkunjung dan berbagi dengan sesama orang Indonesia ketika memasuki momen puasa Ramadhan. Berada di negeri orang membuat rasa persaudaraan mereka begitu kuat.

Baca Juga: 6,6 Juta UMKM Dapat Rp 1,2 Juta, Ini Cara Cek Daftar BLT BPUM Online di Link eform.bri.co.id/bpum

Yayah Indra, seorang perempuan diaspora Indonesia yang tinggal di London, mengaku lockdown membuat interaksi di momen puasa Ramadhan menjadi berbeda. Hal ini berbeda dengan sebelumnya di mana tradisi berkunjung dan berbagi berjalan dengan baik.

Sebagai informasi, dalam rangka lockdown sesi tiga yang berlangsung hingga 12 April 2021 ini, pembatasan pertemuan di luar ruangan diberlakukan oleh pemerintah Inggris, yakni hanya untuk dua keluarga atau maksimal enam orang, juga membatasi pertemuan di dalam ruangan.

“Kalau tidak sedang penguncian, acaranya makan-makan. Jadi kami saling bawa makanan sendiri-sendiri di satu tempat, entah itu di rumah saya, di rumah teman saya, jadi gantian. Nah, setelah lockdown ini kita tidak lagi ngumpul-ngumpul sesama orang Indonesia. Tapi, kemarin kita saling bagi-bagi makanan, istilah bahasa Jawanya itu munggahan begitu,” ungkap Yayah kepada Antara Minggu, 11 April 2021 sebagaimana dikutip Berita DIY.

Baca Juga: Link Live Streaming dan Prediksi Pemain PSS Sleman vs Bali United Piala Menpora 2021

Meskipun suasana puasa Ramadhan di Inggris tahun ini sepi karena di tengah pandemi, Yayah tetap bersyukur.

“Memang saat ini kita suasana masih sepi, belum boleh berkunjung ke rumah-rumah tetangga. Pertemuan di luar ruangan juga dibatasi. Namun, saya tetap bersyukur, diberikan kesehatan dan keselamatan. Semoga Ramadhan ini menjadi momentum untuk tetap bersyukur dan mengabdi,” terang Yayah, diaspora Indonesia kelahiran Indramayu, Jawa Barat itu.

Di London dan Inggris Raya, Yayah merupakan penggerak pengajian ibu-ibu muslimah. Tak hanya itu, Yahya iuga aktif menggerakkan kegiatan-kegiatan sosial dan kemasyarakatan untuk warga diaspora Indonesia di Inggris.

Halaman:

Editor: Adestu Arianto

Sumber: Antara News


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x