6,6 Juta UMKM Dapat Rp 1,2 Juta, Ini Cara Cek Daftar BLT BPUM Online di Link eform.bri.co.id/bpum

- 12 April 2021, 19:36 WIB
Link pendaftaran BPUM 2021 di DKI Jakarta
Link pendaftaran BPUM 2021 di DKI Jakarta /Twitter @KUKMPDKI.JKT/

BERITA DIY - Pada tahun 2021 ini, program Bantuan Presiden Produktif Usaha Mikro (BPUM) atau BLT UMKM kembali disalurkan oleh Kemenkop UKM. Program ini sudah mulai berjalan sejak 2020 lalu.

Menurut Deputi Bidang Usaha Mikro Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah, Eddy Satria, BLT UMKM kali ini sudah berhasil tersalurkan melalui perbankan penyalur untuk 6,6 juta penerima dari 12,8 juta penerima. Perbankan penyalur tersebut ialah Bank BRI, Bank BNI, hingga Bank Aceh Syariah.

Seperti diketahui sebelumnya, dana yang digelontorkan pada tahun ini lebih kecil dibanding tahun lalu. Untuk tahun lalu, dana yang disalurkan adalah sebesar Rp 2,4 juta dari total anggaran Rp 28,9 triliun, sedangkan untuk tahun ini turun menjadi Rp 1,2 juta dari total anggara Rp 15,36 triliun. Adapun program BLT UMKM ditargetkan akan diberikan kepada 12,8 juta pelaku usaha mikro.

Baca Juga: BST DKI Jakarta Rp300 Ribu Tahap 3 Cair Bulan Ini, Begini Cara Lapor Jika Ada Pungutan dan Cek Penerima

Untuk penyalurannya akan dilaksanakan dalam dua tahap hingga kuartal III 2021 mendatang. Tahap pertama adalah sebesar Rp 11,76 triliun yang dialokasikan untuk 9,8 juta pelaku usaha mikro yang dananya belum cair namun sudah terdaftar sejak tahun lalu. Tahap kedua adalah sebesar Rp 3,6 triliun yang dialokasikan untuk 3 juta pelaku usaha mikro yang baru terdaftar tahun ini.

Untuk mengecek apakah pelaku usaha berstatus penerima BLT UMKM, Maka cukup meninjau laman https://eform.bri.co.id/bpum, langkahnya adalah sebagai berikut:

1.Isi nomor e-KTP (NIK)

2.Masukkan kode verifikasi

3.Lanjutkan ke proses inquiry

Halaman:

Editor: Resti Fitriyani


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x