8 Hal Ini Dapat Membuat Puasa di Bulan Ramadhan Batal dan Tidak Sah

- 13 April 2021, 09:43 WIB
Ilustrasi 8 hal yang menyebabkan puasa batal
Ilustrasi 8 hal yang menyebabkan puasa batal /PIXABAY/mohamed_hassan

BERITA DIY – Umat muslim di Indonesia mulai menjalankan puasa pertama di bulan Ramadhan 1442 H pada hari ini, Selasa, 13 April 2021. Puasa merupakan bagian dari rukun Islam, sehingga setiap orang muslim diwajibkan menjalankan puasa.

Seorang muslim yang puasa harus menahan haus dan lapar dari waktu matahari terbit hingga waktu terbenamnya matahari. Tidak hanya haus dan lapar, seorang yang sedang puasa juga harus menahan diri dari hawa nafsu dan emosi yang dapat membuat puasa batal.

Ujian seseorang yang berpuasa tidak semudah kelihatannya, karena ada banyak hal yang bisa membatalkan puasa. Setiap muslim wajib tahu apa-apa saja yang bisa membuat puasanya batal sehingga bisa dihindari. Berikut 8 hal yang bisa membuat puasa batal, dirangkum BERITA DIY dari berbagai sumber:

Baca Juga: Puasa Hari Pertama Cuaca DKI Jakarta Tak Menentu

1. Makan dan Minum dengan sengaja

Makan dan minum dengan disengaja tentu adalah hal yang membatalkan puasa. Karena pada hakekatnya puasa adalah menahan haus dan lapar dari matahari terbit sampai matahari terbenam.

2. Memasukkan sesuatu ke mulut sampai membuat muntah

Seseorang yang memasukkan atau mengeluarkan sesuatau dari mulut ketika puasa sehingga menyebabkan mual dan muntah maka puasanya batal. Sebaliknya jika munah dikarenakan sakit maka puasa tidak batal.

Baca Juga: Zodiak Ini Dapat Momen Menyenangkan, Simak Ramalan Asmara Zodiak Hari Ini, 13 April 2021

Halaman:

Editor: Adestu Arianto


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x