10 Manfaat Kurma Ajwa yang Jadi Kesukaan Nabi, Penawar Racun dan Cocok untuk Buka Puasa Ramadhan

- 12 April 2021, 13:41 WIB
Ilustrasi buah kurma Ajwa atau kurma nabi.
Ilustrasi buah kurma Ajwa atau kurma nabi. /Pixabay/EmAji

BERITA DIY - Kurma merupakan buah asal Timur Tengah yang menjadi langganan setiap umat muslim di bulan Ramadhan  karena buah satu ini dianjurkan oleh Nabi Muhammad SAW sebagai menu berbuka sebelum menyantap hidangan lainnya.

Nabi Muhammad SAW menganjurkan untuk menyimpan persediaan buah kurma di rumah masing-masing. Buah kurma memiliki beragam jenis yang jumlah jenisnya sekitar 400-an lebih, salah satu jenis kurma yang populer di masyarakat adalah kurma Ajwa.

Kurma Ajwa merupakan jenis kurma favorit nabi yang sering disebut sebagai kurma nabi. Nama Ajwa diambil dari nama anak Salman Alfarisi yang merupakan lelaki mualaf pewakaf lahan kurma untuk perjuangan Islam.

Baca Juga: Puasa Nisfu Syaban Kapan? Berikut 5 Amalan Baik yang Menyertainya yang Dianjurkan Rasulullah SAW

Kurma Ajwa memiliki keistimewaan dari kurma lainnya, hingga Aisyah RA. menyebutkannya dalam sebuah hadist riwayat Bukhari dan Muslim sebagai berikut:

”Sesungguhnya dalam Kurma Ajwa yang berasal dari Aliyah arah Kota Madinah di dataran tinggi dekat Nejet itu mengandung obat penawar atau ia merupakan obat penawar, dan ia merupakan obat penawar racun apabila dikonsumsi pada pagi hari," (HR Muslim no. 2048 dari Aisyah).

Adapun manfaat buah kurma Ajwa antara lain adalah:

  • Melancarkan saluran pencernaan

Buah kurma memiliki kandungan serat yang tinggi dan serat mampu melancarkan pencernaan, dan mencegah sembelit.

  • Meningkatkan daya tahan tubuh

Kurma Ajwa kaya akan vitamin diantaranya adalah vitamin A, B, C, E, dan K yang sangat berguna untuk menjaga kesehatan terutama meningkatkan imunitas tubuh.

Halaman:

Editor: Adestu Arianto


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x