7 Tips untuk Mengatasi Bibir Kering Selama Puasa, Salah Satunya Pakai Bahan Alami Ini

- 15 April 2021, 13:30 WIB
ilustrasi bibir kering,
ilustrasi bibir kering, /pixabay.com/Anemone123

BERITA DIY - Salah satu permasalahan yang sering ditemukan saat berpuasa adalah kondisi bibir kering bahkan sampai pecah-pecah. Hal ini sebenarnya sangat mudah untuk di atasi dan bukan jadi masalah besar selama mejalankan puasa Ramadhan.

Secara umum penyebab kulit bibir kering atau pecah-pecah adalah karena tubuh sedang kekurangan carian dan memberikan kodenya melalui kondisi bibir yang kering.

Bibir kering memang terlihat sepele namun akan sangat menganggu penampilan dan kamu sendiri akan merasakan sakit dan perih.

Baca Juga: Sempat Diundur, Kebijakan Baru WhatsApp akan Diberlakukan Sebulan Lagi, Pahami Konsekuensinya Sebelum Update

Berikut ini ada beberapa tips yang bisa digunakan untuk mengatasi jika bibir kering selama menjalankan puasa Ramdhan.

  • Minum banyak air putih

Tapi bukan diminum saat puasa, ya. Minum banyak air putih di waktu-waktu yang diperbolehkan makan dan minum. Gunakan pola minum 2-4-2 seperti yang pernah ditulis Berita DIY dalam artikel berikut ini: Setelah Tarawih Segera Minum Dua Gelas Air Putih Agar Terhidrasi, Puasa Ramadhan Gunakan Pola Minum 2-4-2

Atau bisa juga perbanyak asupuan buah yang kaya akan air, seperti buah pir, jeruk, semangka, naga, melon, pepaya, dan masih banyak lainnnya.

  • Hindari minuman berkafein saat sahur dan berbuka

Mengonsumsi minuman berkafein seperti kopi di waktu sahur maupun berbuka sebernarnya kurang disarankan. Karena minuman berkafein bisa mengurangi kelembapan kulit, termasuk kulit bibir.

Baca Juga: Spesifikasi Lengkap HP Vivo Y20 Series dan Harga Terbarunya

  • Mengoleskan madu

Jangan mencari kesempatan karena bibir kering di siang hari kemudian mengoleskan madu saat sedang berpuasa. Gunakan olesan madu di bibir saat malam hari sebelum tidur atau bisa juga diminum sebanyak tiga sendik makan saat sahur.

Halaman:

Editor: Iman Fakhrudin


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x