Khasiat Wortel bagi Kesehatan Tubuh yang Jarang Diketahui

- 13 April 2021, 06:00 WIB
Sayuran Wortel punya manfaat untuk mencegah kanker.
Sayuran Wortel punya manfaat untuk mencegah kanker. /Pixabay/ Yerson Retamal

BERITA DIY - Wortel identik dengan sayuran yang sering ada di makanan-makanan seperti sup, bubur, dan yang lainya. 

Selain itu wortel juga sering disajikan berupa minuman dengan diolah menjadi jus. Banyak orang menganggap wortel hanya bagus untuk kesehatan mata saja. 

Padahal wortel memiliki khasiat lain bagi kesehatan tubuh yang jarang diketahui, salah satunya yakni mencegah risiko penyakit kanker.

Baca Juga: Sesaat Lagi, Link Live Streaming Indonesian Idol Spektakuler Show Big 3: Road To Grand Final

Seperti dirangkum dari berbagai sumber, berikut manfaat yang diperoleh jika mengkonsumsi sayuran ini, simak penjelasannya.

1. Kanker rahim

Menurut American Cancer Society, kanker rahim menempati peringkat kelima penyakit yang paling banyak menyebabkan kematian pada wanita. Padahal, dengan menyantap empat batang wortel dalam seminggu, risiko penyakit ini bisa jauh berkurang.

Wortel mengandung zat yang melindungi mulut rahim seperti betakaroten, zat yang sama kuatnya melindungi penglihatan. Selain memiliki zat aktif pelawan kanker, betakaroten inilah yang juga menyebabkan warna oranye pada wortel.

Agar khasiatnya semakin mantap, kamu juga bisa mengombinasikan wortel dengan tomat yang kaya dengan likopen. Zat anti kanker yang memberi warna merah pada tomat ini bisa mereduksi risiko kanker hingga 40 persen.

Halaman:

Editor: Adestu Arianto


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x