Lindungi Natuna dari Ancaman Asing, Panglima TNI Bangun Markas Komando Tempur Laut

- 6 April 2021, 22:02 WIB
Pulau Natuna.
Pulau Natuna. /ANTARA FOTO/Teguh Prihatna/Lmo/aww.

 

BERITA DIY - Panglima TNI, Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, dengan resmi meletakkan batu pertama markas komando (Mako) Tempur Laut TNI di pulau Natuna, Kepulauan Riau, pada Selasa, 6 April 2021.

Mako tersebut nantinya akan jadi pusat Posko Keamanan Laut Terintegrasi guna menjaga perbatasan daerah terluar Republik Indonesia di utara itu.

"Mandala (wilayah) Natuna berkarakter maritim sehingga keberadaan Markas Komando Gugus Tempur Laut I di sini diharapkan dapat memperkokoh kemampuan interoperabilitas (kerja sama) kekuatan laut dan udara TNI di domain maritim," kata Panglima TNI dilansir dari ANTARA, Selasa, 6 April 2021.

Baca Juga: Sedang Tayang, Link Live Streaming Catatan Demokrasi TVOne Bahas Pernikahan Selebriti yang Dihadiri Presiden

Seperti diketahui, Natuna kerap mengalami gangguan dari beberapa negara luar. Seperti pembangunan mercusuar oleh Malaysia tanpa izin, hingga masuknya kapal-kapal China ke perbatasan laut Natuna.

Terbaru, kapal-kapal China diketahui lagi-lagi mendekat ke Natuna. Hal itu seperti diungkapkan oleh Menteri Pertahanan Filipina, Delfin Lorenzana.

Delfin, sebagai menhan di negara terdekat dengan perbatasan Natuna mencurigai China punya niat menguasai wilayah tersebut dengan mendekati daerah Natuna secara berkala.

Baca Juga: WhatsApp Luncurkan Fitur Kirim Uang, Katanya Semudah Mengirimkan Pesan Singkat

"Kehadiran terus menerus milisi maritim China di daerah itu (Laut Natuna Utara) menunjukkan niat mereka untuk menduduki lebih lanjut," kata Delfin, dikutip dari Pikiran-rakyat.com, Selasa, 6 April 2021.

Halaman:

Editor: Adestu Arianto


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x