Tanggapan KPAI Soal Sekolah Tatap Muka Juli Nanti

- 31 Maret 2021, 10:15 WIB
Tanggapan KPAI Soal Sekolah Tatap Muka Juli Nanti.
Tanggapan KPAI Soal Sekolah Tatap Muka Juli Nanti. / Instagram.com/@retno_listyarti13

BERITA DIY - Terkait rencana sekolah tatap muka yang dicanangkan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), Komisioner Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) Retno Listyarti menyampaikan tanggapannya yang mewakili KPAI itu sendiri.

Retno Listyarti mendorong sekolah tatap muka yang dicanangkan Kemendikbud pada Juli nanti harus bersifat terbatas dan harus berdasarkan faktor kesiapan sekolah. Faktor kesiapan yang dimaksud antara lain infrastruktur, standar operasional prosedur (SOP) adaptasi kebiasaan baru, dan guru yang sudah divaksinasi.

Selain itu, Retno juga mengharapkan Kemendikbud menyediakan semacam form di laman Kemendikbud tentang kesiapan sekolah terhadap rencana sekolah tatap muka dan Kemendikbud harus memastikan semua sekolah di Indonesia mengisi form tersebut.

Baca Juga: 3 Cara Mudah Lapor SPT Tahunan Online dan Offline: Terakhir Hari Ini, Jangan Sampai Terlambat

Baca Juga: Inspirasi Menu Sahur: Puasa Pertama Makan Enak Pakai Semur Tempe, Intip Resep dan Cara Buatnya

Berdasarkan form yang telah disediakan, kata Retno, sampai saat ini baru sekitar 50 persen sekolah yang sudah mengisi dan dari jumlah tersebut hanya 10 persen yang menyatakan siap dengan sekolah tatap muka.

KPAI juga meminta kepada pemerintah daerah untuk berhati-hati dalam menerapkan kebijakan sekolah tatap muka. Pemerintah daerah harus mempertimbangkan pelaksanaan uji coba secara terbatas pada sekolah yang dinilai siap atau sangat siap.

Tak sampai di situ, Dinas Pendidikan dan Dinas Kesehatan juga diminta KPAI melakukan nota kesepahaman. Hal ini bertujuan ketika sekolah di buka, di sekolah ada penangan kondisi darurat yang dapat membantu mengakses fasilitas kesehatan terdekat.

Baca Juga: Selamat Tinggal untuk Selamanya! Istri Christian Sugiono, Titi Kamal Berduka Atas Sopirnya yang Meninggal

Halaman:

Editor: Adestu Arianto


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x