Fakta Unik Seputar Suku Baduy: Suku Asal Banten yang Memegang Teguh Ajaran Leluhur

- 27 Maret 2021, 18:30 WIB
Warga suku Baduy Luar membawa sembako menuju rumahnya di Desa Kanekes, Lebak, Banten.
Warga suku Baduy Luar membawa sembako menuju rumahnya di Desa Kanekes, Lebak, Banten. /MUHAMMAD BAGUS KHOIRUNAS/ANTARA FOTO

BERITA DIY – Indonesia terdiri dari ratusan suku yang membuat negeri ini tidak hanya kaya akan sumber daya alam tapi juga kaya akan tradisi dan budaya.

Suku baduy sendiri merupakan kelompok suku atau etnis sunda Banten yang tinggal di wilayah kaki pegunungan Kendeng di Desa Kanekes, Kecamatan Leuwidamar, Kabupaten Lebak, Banten.

Warga baduy seringkali menamai diri mereka Urang Kanekes atau Orang Kanekes. Penyebutan baduy diyakini berasal dari peneliti Belanda yang menyamakan mereka dengan kelompok Arab Badawi yang berarti masyarakat yang sering berpindah-pindah.

Baca Juga: Tak akan Bantu Elsa, Mama Sarah Ungkap Kebenaran Foto dan Anting? Bocoran Ikatan Cinta Malam Ini 27 Maret 2021

Berikut beberapa fakta mengenai suku baduy,

1. Suku Baduy terbagi menjadi tiga kelompok

Suku baduy terdiri dari tiga kelompok atau tiga lapisan yakni Baduy Dangka, Baduy Dalam dan Baduy Luar.

Baduy Dangka adalah sebutan untuk warga baduy yang sudah tinggal di luar lingkungan adat. Mereka tidak lagi terikat dengan segala peraturan adat, kebanyakan Baduy Dangka keluar dari Baduy untuk bersekolah atau bekerja menyesuaikan zaman.

Baduy Luar adalah sebutan untuk warga Baduy yang tinggal di lingkungan adat dan masih menjunjung kepercayaan sunda wiwitan.

Halaman:

Editor: Iman Fakhrudin


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x