Fakta Unik dan Tradisi di Kampung Adat Ciptagelar: Menjaga Tradisi Leluhur Tanpa Menolak Modernisasi

- 27 Maret 2021, 14:02 WIB
Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil saat mengunjungi Kasepuhan Ciptagelar di Kabupaten Sukabumi, Rabu 24 Maret 2021.
Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil saat mengunjungi Kasepuhan Ciptagelar di Kabupaten Sukabumi, Rabu 24 Maret 2021. /Humas Jabar/Pipin

BERITA DIY - Indonesia tidak hanya kaya dengan sumber daya alam. Namun juga kaya akan adat dan budaya karena terdapat banyak suku hidup berdampingan di dalamnya.

Kekayaan adat dan budaya Indonesia menjadi salah satu hal yang wajib dijaga dan dipertahankan sebagai warisan leluhur.

Hal inilah yang diyakini masyarakat Kampung Adat Ciptagelar Sukabumi, Jawa Barat yang masih memegang teguh tradisi leluhur di masa modernisasi.

Baca Juga: Resep dan Cara Membuat Sate Ambal khas Kebumen yang Rasanya Manis Legit dijamin Bikin Lidah Ketagihan

Meski zaman telah berubah, namun mereka tidak tergerus oleh arus. Mereka tetap hidup dengan adat dan budaya yang merupakan warisan leluhurnya.

Kampung Adat Ciptagelar, merupakan salah satu kampung adat di Indonesia yang terletak di kawasan Pegunungan Halimun. Tepatnya di Kampung Sukamulya, Desa Sirnaresmi, Kecamatan Cisolok, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat.

Kampung Adat Ciptagelar biasanya disebut juga Kampung Kasepuhan Ciptagelar. Secara harafiah kata kasepuhan bisa diartikan sebagai sesepuh atau orang tua, karena kampung ini merupakan tempat tinggal dari para sesepuh atau mereka yang dituakan.

Baca Juga: Mengejutkan, Moeldoko Mendadak Singgung Radikalisme dan Intoleransi, Bukan Politik Praktis 5 Tahunan

Berikut Fakta Unik tentang Kampung Adat ciptagelar:

Halaman:

Editor: Iman Fakhrudin


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x