10 Kampung Adat di Indonesia yang Sangat Indah: Desa Panglipuran, Toraja, hingga Kasepuhan Ciptagelar

- 27 Maret 2021, 15:00 WIB
Desa Panglipuran, salah satu kampung adat di Indonesia
Desa Panglipuran, salah satu kampung adat di Indonesia /Berita DIY/ Sani Charonni

BERITA DIY – Indonesia tidak hanya kaya akan keindahan alamnya saja, namun juga banyaknya kampung adat yang tersebar di seluruh Indonesia. Simak daftar sepuluh kampung adat yang memiliki keunikan dan dapat dijadikan destinasi wisata.

Kampung adat merupakan sebuah wilayah desa yang masih menjaga dengan baik warisan nenek luhur. Beberapa kampung adat berikut ini bahkan telah terdaftar sebagai kekayaan dunia oleh UNESCO.

Melalui kampung adat ini, kita dapat mempelajari nilai-nilai yang telah diberikan oleh nenek moyang, menjaga dan melestarikannya. Berikut daftar sepuluh kampung adat di Indonesia yang penuh keunikan dan dapat dijadikan destinasi wisata.

Baca Juga: Resep dan Cara Membuat Nasi Kebuli Ayam Istimewa yang Enak dan Mudah Dijamin Anti Gagal

  1. Desa Penglipuran

Kampung adat Desa Penglipurn terletak di Kabupaten Bangli, Bali. Keunikan dari kampung adat ini adalah bentuk rumah yang seragam dan memiliki angkul-angkul atau gerbang. Nama panglipuran sendiri berasal dari singkatan pengeling dan pura yang berarti mengingat tempat suci para leluhur.

  1. Kampung Adat Baduy

Kampung adat Baduy terletak di Banten. Masyarakat Baduy yang disebut Urung Kanekes terikat dengan alam. Salah satu keunikan dari kampung adat ini adalah Jembatan Akar Budy yang teruat dari ikatan akar dan bambu.

  1. Kampung Adat Dayak Pampang

Kampung adat Dayang Pampang terletak di Provinsi Kalimantan Timur. Ciri khas dari rumah adat ini adalah Lamin Adat Pamung Tawang, rumah adat Dayak Pampang yang memiiki ukiran dan dekorasi detail khas suku Dayak. Setiap minggunya selelu diadakan pertunjukan khas seperti Tari Bangen Tawai dan Tari Hudoq.

  1. Kampung Adat Gollu

Kampung adat Gollu terletak di kaki bukit Desa Kalimbukuni, Kecamatan Waikabukak, Sumba Barat, Nusa Tenggara Timur. Kampung ini masih mempertahankan kebiasaan adat dan tradisional seperti menenun, menumbuk padi, dan cara menyimpan makanan.

Baca Juga: Resep dan Cara Membuat Sate Ambal khas Kebumen yang Rasanya Manis Legit dijamin Bikin Lidah Ketagihan

Halaman:

Editor: Iman Fakhrudin


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x