Mengenal 7 Jenis Rumah Adat di Sumatera, Nomor 7 Unik Banget

- 20 Januari 2021, 07:50 WIB
7 jenis rumah adat di Sumatera.
7 jenis rumah adat di Sumatera. /Pinterest.com/Gondronk Art

BERITA DIY - Rumah adat adalah salah satu dari keberagaman yang di miliki Indonesia. Rumah adat sendiri ialah rumah tradisional yang dimiliki suatu daerah/provinsi yang memiliki keunikan tersendiri baik dari segi arsitektur, bentuk, dan warna yang mencerminkan daerah tersebut.

Di Sumatera, rumah adat bisa ditemukan di berbagai daerah seperti Padang Panjang, Pasaman, Solok, dan daerah-daerah lain. 

Fungsi dari rumah adat sendiripun beragam, misalnya untuk pertemuan keluarga, pesta adat pernikahan, tempat musyawarah antarwarga, dan lain-lain. Bahkan, terdapat juga rumah adat yang kini difungsikan sebagai objek wisata.

Baca Juga: Rumah Adat Honai Papua Sudah Banyak Dikenal, Tapi Tahukah Kamu 6 Rumah Adat Asli Papua Ini?

Berikut 7 jenis rumah adat yang ada di Sumatera:

1. Rumah adat Gadang Gajah Maharam

Penamaan Rumah Tradisional Gajah Maharam sebab bentuknya yang menyerupai gajah mengeram. Secara umum, rumah adat ini adalah milik Kaum Dt. Bandaharo, Suku Chaniago. Tidak hanya itu, rumah adat jenis Gajah Maharam ini termasuk ke dalam kategori mewah sebagai rumah adat di Sumatera Barat.

2. Rumah adat Gonjong Anam

Masih dari Sumatera Barat, bentuk bangunanya mirip seperti rumah adat Gadang Gajah Maharam, hanya saja rumah adat Gonjong Anam memiliki perbedaan pada penambahan ukiran-ukiran khas MinangkabauHal ini membuat rumah adat Gonjong Anam terlihat lebih modern.

Halaman:

Editor: Adestu Arianto


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x