Syarat dan Cara Daftar Bantuan Dana Usaha Rp10 Juta untuk Alumni Program Kartu Prakerja

- 21 Maret 2021, 16:46 WIB
Ilustrasi bantuan KUR Super Mikro maksimal Rp10 juta untuk alumni Kartu Prakerja.
Ilustrasi bantuan KUR Super Mikro maksimal Rp10 juta untuk alumni Kartu Prakerja. /pixabay/EmAji

BERITA DIY - Pemerintah melalui Kemnaker akan memberikan kredit usaha rakyat (KUR) supermikro kepada alumni program Kartu Prakerja yang telah berhasil membangun dan mengembangkan wirausahanya.

Deputi Bidang Koordinasi Ekonomi Digital, Ketenagakerjaan, dan UMKM Kemenko Perekonomian, Rudy Salahuddin menyatakan bahwa program ini merupakan keberlanjutan bagi alumni Kartu Prakerja yang berwirausaha dan ingin naik kelas tidak hanya mikro, tetapi juga kecil dan menengah.

Program KUR Super Mikro tersebut akan memberikan bantuan usaha maksimal senilai Rp 10 juta kepada 19.500 orang yang pernah menjadi peserta program Kartu Prakerja.

Baca Juga: Panduan Cara Daftar Kartu Prakerja Gelombang 15 Ditutup Hari Ini Pukul 12:00 WIB di Website Prakerja

"Jika alumni program Kartu Prakerja ingin meningkatkan kualitas dan skala produksinya, akan membutuhkan tambahan modal sehingga program KUR bisa untuk menaikkan skala usaha mereka ke depan,” kata Rudy Salahuddin di Jakarta sebagaimana dikutip dalam Antara.

Berdasarkan data Kemenko Perekonomian menunjukkan bahwa hingga 7 Desember 2020 terdapat 43,8 juta pendaftar di situs resmi program Kartu Prakerja yang berasal dari 514 kabupaten dan kota di 34 provinsi di Indonesia.

Direktur Eksekutif Manajemen Pelaksana Kartu Prakerja Denni Puspa Purbasari menyebutkan 35 persen penerima Kartu Prakerja yang dahulunya tidak bekerja terdapat 17 persen di antaranya telah mampu menjadi wirausaha.

Baca Juga: Kartu Prakerja Gelombang 15 Dibuka untuk Kuota 60 Ribu Peserta, Jangan Ubah Alamat Email dan Nomor HP

Berikut ini adalah syarat untuk mendapatkan KUR Super Mikro adalah sebagai berikut:

Halaman:

Editor: Iman Fakhrudin


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x