Apa itu Rasisme? Berikut Penjelasannya dan Cara Menyikapinya

- 15 Maret 2021, 16:35 WIB
Ilustrai demonstrasi melawan rasisme.
Ilustrai demonstrasi melawan rasisme. /Pixabay/PDBVerlag

BERITA DIY – Sering sekali kita mendengar istilah rasisme, namun tidak mengerti apa itu rasisme sebenarnya. Berikut penjelasan lengkap tentang rasisme dan cara menyikapi rasisme itu sendiri.

Sebagai negara yang memiliki beraga suku, budaya dan ras. Bangsa Indonesia tidak pernah lepas dari tindakan rasisme yang mungkin terjadi. Rasisme sendiri seringkali disamaartikan dengan rasialisme. Hal ini dikarenakan terjemahan dari bahasa Inggris racism dan racialism, yang memiliki makna yang sama.

Rasialisme menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia memiliki dua arti yaitu prasangka berdasarkan keturunan bangsa, perlakuan yang berat sebelah terhadap suku (bangsa) yang berbeda-beda dan paham bahwa ras diri sendiri adalah ras yang paling unggul.

Baca Juga: Pengertian dari Hukum Wajib, Sunnah, Haram, Makruh, dan Mubah Beserta Contohnya

Rasisme adalah pandangan terhadap arti ideologi ataupun paham yang dianut oleh masyarakat yang menolak atau tidak suka pada suatu golongan masyarakat tertentu yang biasanya berdasarkan rasnya, derajat, dan lain sebagainya.

Rasisme disebabkan oleh tiga faktor utama yaitu sosialisasi dalam keluarga, keputusan kebijakan pemerintah serta budaya dan adat istiadat seseorang. Penyebab lain yang menyebabkan adanya perilaku rasisme ini adalah karena adanya kesenjangan sosia maupun ekonomi, kesenjangan sarana dan prasarana, serta rasa cinta yang berlebihan dan munculnya sifat iri hati.

Indonesia sebagai negara yang multicultural berpotensi besar mengalami tindakan rasisme. Beberapa tindakan rasisme yang pernah terjadi di Indonesia seperti rasisme warga kulit hitam, rasisme klub sepak bola Spanyol terhadap Samue Eto’o, mahasiswa papua dan etnis Tionghoa di Indonesia.

Baca Juga: 3 Macam Najis dan Cara Mensucikannya: Najis Mukhaffafah, Najis Mutawassithah, dan Najis Mughalladhah

Selain peristiwa rasisme di Indonesia, beberapa peristiwa besar seperti kematian tragis George Floyd, sistem kasta di India juga merupakan wujud dari rasisme yang terjadi di negara itu dan disorot oleh dunia.

Halaman:

Editor: Adestu Arianto


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x