Bacaan Niat Puasa Rajab dalam Bahasa Arab, Latin, dan Terjemahan Indonesia beserta Keutamaannya

- 6 Maret 2021, 09:36 WIB
Ilustrasi. kumpulan hadis anjuran puasa Rajab.
Ilustrasi. kumpulan hadis anjuran puasa Rajab. /Pixabay/Mohamed Hassan

BERITA DIY - Bulan Rajab merupakan salah satu dari empat bulan dalam kalender Hijriyah sebagi bulan mulia dan dimuliakan. Empat bulan tersebut yaitu Zulkaidah, Dzulhijah, Muharram, dan Rajab.

Kemuliaan bulan Rajab dijelaskan dalam satu ayat Al-Qur’an Surat At-Taubah ayat 36 sebagai bulan harram untuk melakukan kedzhaliman, kekerasan, dan perang.


اِنَّ عِدَّةَ الشُّهُوْرِ عِنْدَ اللّٰهِ اثْنَا عَشَرَ شَهْرًا فِيْ كِتٰبِ اللّٰهِ يَوْمَ خَلَقَ السَّمٰوٰتِ وَالْاَرْضَ مِنْهَآ اَرْبَعَةٌ حُرُمٌ ۗذٰلِكَ الدِّيْنُ الْقَيِّمُ ەۙ فَلَا تَظْلِمُوْا فِيْهِنَّ اَنْفُسَكُمْ وَقَاتِلُوا الْمُشْرِكِيْنَ كَاۤفَّةً كَمَا يُقَاتِلُوْنَكُمْ كَاۤفَّةً ۗوَاعْلَمُوْٓا اَنَّ اللّٰهَ مَعَ الْمُتَّقِيْنَ 

Artinya: “Sesungguhnya jumlah bulan menurut Allah ialah dua belas bulan, (sebagaimana) dalam ketetapan Allah pada waktu Dia menciptakan langit dan bumi, di antaranya ada empat bulan haram (untuk perang). Itulah (ketetapan) agama yang lurus, maka janganlah kamu menzalimi dirimu dalam (bulan yang empat) itu.

Baca Juga: AHY Soal Moeldoko Jabat Ketua Umum Partai Demokrat : Ketum Partai Demokrat Versi Abal-Abal

“Dan perangilah kaum musyrikin semuanya sebagaimana mereka pun memerangi kamu semuanya. Dan ketahuilah bahwa Allah beserta orang-orang yang takwa." (QS At Taubah ayat 36).

Disamping kemuliaan itu melakukan puasa sunnah di bulan Rajab juga mengandung kemuliaan-kemuliaan lain. Mengutip dari Kementerian Agama Kabupaten Kudus, kemulian puasa sunnah di bulan Rajab diantaranya;

Puasa selama 7 hari di bulan Rajab pintu neraka akan tertutup baginya, puasa selama 8 hari akan membuka 8 pintu surga untuknya, dan apabila puasa selama 10 hari maka dosa-dosanya akan terhapus tergantu dengan kebaikan.

Baca Juga: Wah! Ivan Gunawan dan Ayu Ting Ting Kerap Berpelukan, Ruben Onsu: Lo Posesif Banget?

Terlepas dari ganjaran-ganjaran Allah swt bagi para hamba yang melaksanakan puasa sunnah di bulan Rajab, berikut niat puasa di bulan Rajab:

Halaman:

Editor: Adestu Arianto


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x