Pengertian Sujud Tilawah Lengkap Dengan Syarat, Niat dan Artinya dalam Bahasa Indonesia

- 22 Desember 2020, 13:25 WIB
Ilustasi umat muslim yang beribadah.
Ilustasi umat muslim yang beribadah. /Pixabay/mohamed_hassan

BERITA DIY - Sujud merupakan bentuk ketundukan atau ketidakberdayaan seorang manusia yang lemah kepada maha yang lebih kuat darinya.

Dalam Islam, sujud merupakan salah satu gerakan ibadah yang menggambarkan kehambaan terhadap Allah SWT dan gerakan ini adalah upaya mendekatkan diri pada Yang Maha Kuasa.

Sujud terdiri dari sujud dalam shalat yakni ibadah wajib umat muslim, sujud syukur, sujud sahwi, dan sujud tilawah yang akan diterangkan lebih lanjut.

Sujud tilawah ialah sujud yang dilakukan seorang hamba dikala membaca atau mendengar ayat-ayat tertentu dari kitab suci umat Islam yakni Alquran. Ayat-ayat tersebut dinamakan dengan ayat sajdah.

Baca Juga: Doa Keselamatan Dunia dan Akhirat: Bahasa Arab, Latin, dan Terjemahan Bahasa Indonesia

Baca Juga: Doa Maulid Nabi Muhammad SAW: Bahasa Arab, Latin, dan Terjemahan Bahasa Indonesia

Sujud tilawah dilakukan sebagai bentuk merendah atas kebesaran Allah SWT yang dapat ditemukan dalam arti ayat-ayat sajdah saat melakukan sujud tilawah.

Dirangkum dari berbagai sumber, dalam mushaf Alquran ayat-ayat sajdah biasanya ditandai dengan tanda seperti tulisan kata as-sajdah dengan tulisan Arab di pinggir halaman sebaris dengan ayatnya atau adanya gambar seperti kubah kecil di akhir ayat.

Ketika ayat sajdah tersebut dibacakan baik orang yang membaca atau yang mendengarnya disunahkan untuk bersujud satu kali.

Halaman:

Editor: Iman Fakhrudin


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Pemilu di Daerah

x