Kaya akan Nutrisi, Ini Manfaat Kacang Tanah yang Jarang Diketahui

- 27 Februari 2021, 15:15 WIB
Manfaat Kaccang Tanah untuk Kesehatan
Manfaat Kaccang Tanah untuk Kesehatan /pixabay/ couleur

BERITA DIY – Di balik mitos bahwa mengonsumsi kacang tanah secara berlebihan dapat menimbulkan jerawat, rupanya kacang tanah memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Mulai dari kesehatan kulit hingga jantung manusia.

Kacang tanah kaya akan vitamin dan mineral yang baik untuk menjaga metabolisme tubuh dan mengurangi risiko beberapa penyakit. Kacang tanah mengandung vitamin E, vitamin B1, vitamin B3, vitamin B9, biotin, magnesium, mangan, dan fosfor.

Kacang tanah biasanya dikonsumsi dengan cara dipanggang, namun juga tak jarang dikonsumsi dalam bentuk mentah. Kacang tanah memiliki banyak manfaat untuk kesehatan manusia karena kandungan yang terdapat dalam kacang tanah itu sendiri.

Baca Juga: Tes Kepribadian: Gambar yang Pertama Kali Dilihat Dapat Ungkap Kondisi Psikologis Anda

Berikut penjelasan lebih lanjut tentang manfaat kacang tanah untuk kesehatan.

  1. Meningkatkan Kesehatan Jantung

Mengonsumsi kacang secara rutin mampu meningkatkan kesehatan jantung dan melindungi dari penyakit jantung koroner. Kacang mampu menurunkan kadar kolesterol jahat yang menyebabkan perkembangan plak di pembuluh darah.

  1. Mencegah Penyakit Batu Empedu

Konsumsi kacang mampu menurunkan risiko terkena batu empedu baik oleh pria maupun wanita. Konsumsi lima porsi kacang dalam seminggu mampu menurunkan risiko kolesistektomi dengan efektif.

  1. Mencegah Penyakit Alzheimer

Kandungan niasin dan vitamin E yang terdapat dalam kacang dapat mencegah penyakit alzheimer dan memperlambat lagu penurunan kognitif orang berusia 65 tahun ke atas.

  1. Mengurangi Risiko Kanker

Kacang mengandung isoflavon, resveratrol dan asam fonelik yang bersifat antikanker dan dapat membantu mengurangi risiko kanker kolorektal, kenker payudara pascamenopause, kanker lambung dan esofagus.

Halaman:

Editor: Iman Fakhrudin


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x