Apa Itu Reseller? Ulasan Pengertian Reseller Lengkap Perbedaannya dengan Supplier

- 26 Februari 2021, 15:13 WIB
Ilustrasi reseller yang menjual kembali suatu produk.
Ilustrasi reseller yang menjual kembali suatu produk. /Pexels/Karolina Grabowska

BERITA DIY - Istilah reseller banyak dijumpai dalam dunia bisnis usaha yang menawarkan produk mulai dari produk baru hingga produk yang telah memiliki brand atau merk terkenal.

Reseller berasal dari Bahasa Inggris 'seller' yang berarti penjual, penambahan 're-' di depan kata seller menunjukkan pengulangan kerja dari seller.

Secara kebahasaan, 're-' dan 'seller' digabungkan menjadi reseller membentuk arti 'penjual kembali' suatu produk atau barang.

Baca Juga: Jenis-Jenis Investasi Jangka Pendek dan Jangka Panjang: Kelebihan, Kekurangan, dan Keuntungan yang Diperoleh

Baca Juga: 6 Rekomendasi Mobil Klasik Murah dan Perawatan Mudah, Mobil Gaya Retro Favorit Anak Muda

Berdasarkan pemaknaan secara bahasa sebelumnya, Reseller merupakan orang yang menjual kembali produk dari pihak supplier kepada konsumen. Reseller sangat bereda makna dari supplier dan berdiri masing-masing.

Reseller adalah penjual kedua, sementara supplier adalah penjual utama atau penyedia produk yang diperjualkan kembali oleh reseller. Reseller ini bukanlah bagian dari supplier.

Untuk menjadi seorang reseller, seseorang harus mengeluarkan modal sendiri untuk membeli produk langsung kepada supplier dan seorang reseller harus menyetok barang atau produk terlebih dahulu.

Seperti namanya, tugas utama reseller adalah untuk menjual suatu produk atau barang kepada konsumen, selain itu biasanya reseller menjual lebih dari 1 produk baik dari supplier yang sama atau supplier yang lain untuk mendapat keuntungan yang lebih.

Halaman:

Editor: Adestu Arianto


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x