Tahun Baru IMLEK 2021: Kenali 7 Tradisi Perayaan Imlek di Berbagai Daerah di Nusantara

- 12 Februari 2021, 08:50 WIB
Ilustrasi Tradisi Perayaan Imlek
Ilustrasi Tradisi Perayaan Imlek /Pixabay / Leonard Wangsa

BERITA DIY - Hari ini tahun baru Cina alias Imlek ramai-ramai dirayakan umat Tionghoa, Jumat, 12 Februari 2021. Kalender lunar kini memasuki tahun 2572 sebagai Tahun Kerbau Logam.

Tradisi-tradisi Imlek tentunya tidak pernah terlewat ketika perayaan Imlek tiba namun mengingkat kini situasi tengah pandemi, tradisi yang sering mengundang khalayak ramai banyak yang ditiadakan.

Meskipun begitu nuansa Imlek tidak terlupakan di kawasan-kawasan pecinan yang tersebar banyak di Indonesia, beberapa di antaranya ada di Solo, Singkawang, dan Yogyakarta.

Baca Juga: Gaya Rambut Ikonik Amanda Manopo Ikatan Cinta Tiru Gaya Rambut Lulu Tobing?

Berikut tradisi perayaan Imlek di berbagai daerah Indonesia.

1. Grebek Sudiro di Solo

Perpaduan budaya jawa dan budaya tiongkok di Solo menciptakan harmonisasi yang serasi bertajuk Grebek Sudiro. Seperti perayaan Grebeg Maulid Nabi umat muslim, Grebeg Sudiro juga melakukan arak-arakan yang membawa gunungan makanan.

Biasanya titik akhir arak-arakan berada di Kawasan Pasar Gede yang tidak jauh dari Klenteng Tien Kok Sie. Pada puncak perayaannya seluruh umat Tiongkok di Solo akan berlomba-lomba merebut gunungan makanan, bisa berupa hasil bumi atau kue keranjang, yang meramaikan suasana tahun baru Imlek.

Baca Juga: Melaju ke Perempat Final FA Cup, The Blues Taklukan Barnsley FC

2. Perahu Naga di Sungai Musi, Palembang

Halaman:

Editor: Adestu Arianto


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x