Arti Kata Pantek Tak Sekedar Umpatan Tapi Memiliki Arti Lain: Makna dalam Bahasa Indonesia, Batak, dan Madura

- 8 Maret 2022, 16:20 WIB
ilustrasi - Kata Pantek tidak hanya sekedar umpatan tetapi memiliki arti lain, berikut artinya dalam bahasa Indonesia, Batak, dan Madura.
ilustrasi - Kata Pantek tidak hanya sekedar umpatan tetapi memiliki arti lain, berikut artinya dalam bahasa Indonesia, Batak, dan Madura. /PIXABAY/PDPics

BERITA DIY – Arti kata Pantek tidak hanya sekedar umpatan tetapi memiliki arti lain, berikut artinya dalam bahasa Indonesia, Batak, dan Madura.

Kata Pantek sempat menjadi perbincangan warganet, terutama pengguna platform TikTok setelah beredar video dengan alunan musik DJ dengan kata Pantek berulang kali.

Saat dilakukan penelusuran lebih lanjut oleh BERITA DIY saat ini, 8 Maret 2022 kata Pantek sudah tidak ada di platform TikTok.

Lantas apa kata Pantek? Kata Pantek sudah lama ada di masyarakat bahkan beberapa wilayah Indonesia. Jadi kata Pantek bukan kata baru dalam kehidupan masyarakat Indonesia.

Baca Juga: Arti Kata Pantek, dalam Berbagai Bahasa: Batak, Minang, Jawa, dan Makna dalam KBBI Bahasa Indonesia

Meskipun sudah ada kata Pantek dalam kehidupan masyarakat, setiap daerah memiliki makna berbeda dan ragam artinya. Dengan kata lain, kata Pantek memiliki makna dan arti yang berbeda setiap wilayah atau bahasa daerah di Indonesia.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia atau KBBI Online, kbbi.kemdikbud.go.id, kata Pantek memiliki makna pasak atau paku yang disematkan di sebuah tempat atau benda.

Masih di KBBI, kata Pantek memiliki arti turunan, yakni memantek dan terpantek. Artinya, kata memantek memiliki arti melekatkan (bambu, kayu, dan sebagainya) dengan pantek. Sedangkan, terpantek memiliki arti tertancap (misal dengan paku, pisau, atau benda tajam lainnya)

Baca Juga: Apa Artinya Pantek? Ini Arti Kata Viral di TikTok dalam Bahasa Indonesia, Minang, Batak, Jawa, dan Madura

Halaman:

Editor: Iman Fakhrudin


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x