Arti Kata Pantek, dalam Berbagai Bahasa: Batak, Minang, Jawa, dan Makna dalam KBBI Bahasa Indonesia

- 8 Maret 2022, 14:00 WIB
Ilustrasi - Ini arti kata pantek Bahasa Indonesia KBBI, Jawa, Sunda, Batak, Minang, dan penggunaan istilahnya.
Ilustrasi - Ini arti kata pantek Bahasa Indonesia KBBI, Jawa, Sunda, Batak, Minang, dan penggunaan istilahnya. /Pixabay.com/@antonbe

BERITA DIY - Inilah arti kata pantek dalam berbagai Bahasa mulai dari Batak, Minang, Jawa, beserta makna yang terdapat dalam KBBI Bahasa Indonesia.

Istilah atau kata pantek memiliki arti masing-masing di setiap daerah yang menggunakannya. Hal ini dapat diketahui berdasarkan wilayah yang biasa menggunakan seperti di Batak, Jawa, dan Minang.

Dalam berbagai daerah dan Bahasa yang digunakan, kata pantek kerap sekali atau telah akrab digunakan dalam bahasa sehari-hari baik dengan teman maupun bersama dalam sebuah tongkrongan.

Baca Juga: Apa Artinya Pantek? Ini Arti Kata Viral di TikTok dalam Bahasa Indonesia, Minang, Batak, Jawa, dan Madura

Arti Kata Pantek di Berbagai Bahasa Batak, Minang, dan Jawa

Jika menilik dalam Bahasa Batak, pantek sendiri sebenarnya memiliki arti yaitu pantik atau jika digabungkan dengan kata kerja menjadi memantik, yang banyak digunakan untuk mendeskripsikan sesuatu.

Sedangkan dalam Bahasa Minang, juga dikenal dengan istilah atau kata pantek juga akrab ditemui. Secara istilah kata ini dalam bahasa tersebut memiliki makna umpatan dan tak layak untuk diucapkan.

Pada Bahasa Jawa sendiri mengenal kata pantek jika menggunakan layanan Google Translate yaitu salah satu bagian tubuh atau disebut dengan pantat. Namun amat jarang ditemui penggunaan istilah itu dalam masyarakat Jawa.

Baca Juga: Apa Arti 'Pantek' yang Viral di TikTok? Makna dalam Bahasa Minang, Batak, KBBI, Beserta Daftar Istilah Gaul

Arti Kata Pantek dalam Bahasa Indonesia atau KBBI

Halaman:

Editor: Muhammad Naufal Alyaa


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x