Apa Itu PSE yang Membuat Steam dan Epic Games Diblokir Kominfo? Ini Cara Setting 1.1.1.1 DNS

- 30 Juli 2022, 17:19 WIB
Epic Games diblokir Kominfo. Lalu apa itu PSE yang membuat Steam dan Epic Games diblokir Kominfo, serta cara setting 1.1.1.1 DNS.
Epic Games diblokir Kominfo. Lalu apa itu PSE yang membuat Steam dan Epic Games diblokir Kominfo, serta cara setting 1.1.1.1 DNS. /Tangkap Layar Instagram/@epicgames

BERITA DIY - Simak informasi apa itu PSE yang membuat Steam dan Epic Games diblokir Kominfo, serta cara setting 1.1.1.1 DNS.

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) per har ini, 30 Juli 2022 resmi memblokir sejumlah situs yang belum terdaftar di PSE.

PayPal, DOTA, Steam, dan Epic Games menjadi 4 platform yang diblokir malam tadi oleh Kominfo. Keempat situs tersebut diblokir akrena belum mendaftar PSE Kominfo.

Lalu apa itu PSE?

Berdasar Peraturan Pemerintah Nomor 71 tahun 2019, PSE adalah setiap orang, penyelenggara negara, badan usaha, dan masyarakat yang menyediakan, mengelola, dan atau mengoperasikan sistem elektronik secara sendiri-sendiri maupun bersama-sama kepada pengguna sistem elektronik untuk keperluan dirinya dan atau keperluan pihak lain.

Baca Juga: Steam, Epic Games, PayPal, dan DOTA Diblokir Kominfo Hari ini, Sampai Kapan? Apakah Permanen?

Tujuan PSE adalah agar Kominfo selaku lembaga tertinggi negara di bidang komunikasi dan informasi dapat mengawasi dan mendorong ruang digital yang aman dan sehat di Indonesia.

Kominfo mengharuskan penyelenggara sistem elektronik privat baik asing maupun domestik untuk mendaftarkan aplikasinya di sistem PSE yang bisa dilakukan di OSS Risk Base Approach (OSS RBA) milik pemerintah.

Sementara itu, pihak Kominfo menyebut bahwa pemblokiran tersebut belum bersifat permanen. Nantinya jika PSE yang belum terdaftar mengajukan normalisasi atau melengkapi data-data pendaftaran yang dibutuhkan, maka pemblokiran akan dicabut.

Halaman:

Editor: Muhammad Suria


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x