Bahaya Spyware Pegasus dan Malware Joker, Daftar Aplikasi Berbahaya untuk HP Android dan iOS iPhone

- 16 Agustus 2021, 11:20 WIB
ILUSTRASI - Ada beberapa aplikasi bahaya yang telah terpapar atau memang dibuat untuk memindahkan malware Joker dan spyware Pegasus ke peragkat HP secara umum.
ILUSTRASI - Ada beberapa aplikasi bahaya yang telah terpapar atau memang dibuat untuk memindahkan malware Joker dan spyware Pegasus ke peragkat HP secara umum. /PIXABAY/200degrees

BERITA DIY - Spyware Pegasus terinvestigasi oleh jaringan jurnalistik internasional sebagai perangkal lunak berbahaya untuk perangkat HP Android dan iOS iPhone.

Pegasus diduga dikembangkan oleh pengembang teknologi Israel NSO Group Technologies yang dijual kepada pemerintah atau klien swasta. Diklaim spyware ini digunakan untuk mematai-matai target.

Dilansir dari The Hindu Business Line, pada Senin 16 Agustus 2021, peretasan awal spyware Pegasus melibatkan SMS atau iMessages yang menyediakan tautan ke situs web. Jika diklik, tautan ini mengirimkan perangkat lunak berbahaya yang membahayakan perangkat HP.

Baca Juga: 35 Aplikasi Mengandung Malware Joker yang Bisa Rusak HP Android dan Curi Data Privasi, Hapus Apk Segera!

Setelah terkena spyware Pegasus, HP Android ataupun iOS iPhone akan dikendalikan penuh oleh pengembang spyware melalui rooting (pada perangkat Android) atau jailbreaking (pada perangkat Apple iOS).

Adapun rooting dan jailbreaking keduanya menghapus kontrol keamanan yang tertanam di sistem operasi Android atau iOS.

Cara cek perangkat sudah tersusupi spyware Pegasus atau belum dengan menggunakan Amnesty International Mobile Verification Toolkit (MVT).

Baca Juga: Bahaya! 8 Aplikasi Smartphone Ini Mengandung Malware, Segera Uninstall

Alat tersebut dapat berjalan di Linux atau macOS serta dapat memeriksa file dan konfigurasi perangkat seluler dengan menganalisis cadangan yang diambil dari telepon.

Halaman:

Editor: Arfrian Rahmanta


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x