Bahaya! 8 Aplikasi Smartphone Ini Mengandung Malware, Segera Uninstall

- 12 Maret 2021, 18:44 WIB
Ilustrasi malware.
Ilustrasi malware. /Pixabay/TheDigitalArtist

BERITA DIY - Keberadaan aplikasi ponsel pintar dapat memudahkan segala kebutuhan pengguna. Dengan berbagai fungsi berbeda, aplikasi dapat membantu pengguna melakukan aktivitas pada smartphone mereka.

Ada yang berfungsi sebagai pemutar musik, pencatat dokumen, pencatat jadwal, bahkan ada yang berfungsi sebagai konsultan kesehatan.

Namun, tak semua aplikasi begitu bermanfaat bagi pengguna. Ternyata, ada juga aplikasi yang dapat membahayakan sistem operasi ponsel.

Baca Juga: Lirik Lagu On The Ground Rose BLACKPINK LENGKAP dengan Artinya dalam Bahasa Indonesia

Check Point Research (CPR), lembaga peneliti keamanan ponsel, menemukan delapan aplikasi yang mengandung malware berbahaya, seperti dikutip dari research.checkpoint.com pada Jumat, 12 Maret 2021.

Tentunya, para pengguna harus ekstra berhati-hati dengan aplikasi tersebut. Pasalnya, ke delapan aplikasi itu muncul dengan bebas di Google Play Store dan menunggu untuk diunduh oleh siapapun.

Menurut CPR, delapan aplikasi tersebut mengandung malware Clast82 yang dipercaya dapat mengambil alih ponsel dan digunakan untuk hal lainnya yang merugikan.

Baca Juga: Terbaru! Rekomendasi Drama Korea Terbaik yang Tayang Perdana Maret 2021: Mouse hingga Love Alarm 2

Misalnya untuk mencuri data, melakukan penipuan, hingga menguras rekening bank.

Halaman:

Editor: Iman Fakhrudin


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x