35 Aplikasi Mengandung Malware Joker yang Bisa Rusak HP Android dan Curi Data Privasi, Hapus Apk Segera!

- 10 Agustus 2021, 21:00 WIB
ILUSTRASI - Aplikasi-aplikasi yang terinfeksi Malware Joker bisa curi data dan rusak RAM HP Android dan iPhone Apple.
ILUSTRASI - Aplikasi-aplikasi yang terinfeksi Malware Joker bisa curi data dan rusak RAM HP Android dan iPhone Apple. /PIXABAY/Pexels

BERITA DIY - Malware Joker kini telah menginfeksi puluhan aplikasi yang ada di Google Play Store. Bisa merusak HP Android hingga mencuri data privasi jika tak dihapus segera.

Aplikasi-aplikasi yang terinfeksi Malware Joker harus segera diuninstall dari HP Android atau iPhone Apple milik kamu. Jika tidak, simak bahayanya di artikel ini.

Awalnya, Malware Joker ditemukan oleh CSIS Security. Badan keamanan digital ini menyebut jika Joker telah menginfeksi banyak aplikasi dan juga SIM card dari 37 negara, salah satunya Indonesia.

Baca Juga: 4 Cara Mendapatkan Diamond Free Fire Gratis Tanpa Spin Apk, 99.999 Asli dan Aplikasi Tanpa Kode Redeem FF

Jika membiarkan Malware Joker tetap ada di HP-mu, ia akan mencuri pesan singkat (SMS), daftar kontak dan informasi perangkat korban.

Malware ini juga diam-diam berkomunikasi dengan situs web iklan untuk menghasilkan klik palsu serta dapat mendaftarkan perangkat korban ke layanan premium atau berbayar.

Karena itu, RAM HP akan rusak karena dibebani aplikasi tanpa sepengetahuan penggunanya.

Baca Juga: Ramai Download Fouad Mods WA Versi Terbaru 2021 dan Update Yowhatsapp Apk Pengguna GB WhatsApp, Apa Bahayanya?

Analis CSIS, Aleksejs Kuprins dalam blognya, menyebut Google sejak 2019 telah mengetahui aplikasi yang dibuat untuk menyebarkan Malware Joker atau yang telah terinfeksi. Mereka kemudian menghapus Apk tersebut dari Play Store secara bertahap.

Halaman:

Editor: Arfrian Rahmanta


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x