Profil dan Deretan Prestasi Valentino Rossi, Legenda MotoGP yang Resmi Pensiun di Akhir Musim

- 6 Agustus 2021, 15:00 WIB
Valentino Rossi
Valentino Rossi /Tangkap layara instagram.com/@valeyellow46

BERITA DIY - Pembalap legendaris Valentino Rossi resmi mengumumkan pensiun dari MotoGP pada akhir musim ini. Keputusan besar itu disampaikannya dalam konferensi pers jelang balapan di Sirkuit Red Bull Ring, Austria, pada Kamis 5 Agustus malam.

"Saya memutuskan untuk berhenti pada akhir musim ini. Ini momen yang sangat menyedihkan, tak mudah untuk mengetahui saya tidak akan membalap di MotoGP tahun depan," kata Rossi dalam sesi jumpa pers.

Namun sebetulnya, keputusan Rossi untuk pensiun ini bukan sesuatu yang terlalu mengejutkan banyak pihak menilik dari performa dan usia. Performa Valentino Rossi kian menurun dan jelas sekali terlihat mulai sulit bersaing dengan rider-rider muda.

Baca Juga: Profil Lionel Messi: Legenda Barcelona yang Resmi Berpisah, Klub Ini Jadi Pelabuhan Baru Messi?

Dalam 4 tahun terakhir, mantan rider Ducati itu mulai kehilangan tajinya. Bahkan kemenangan Rossi terakhir  didapat pada 2017 tepatnya di Sirkuit Assen, Belanda sebelum akhirnya pada musim lalu, Rossi sempat menunjukkan tanda-tanda bangkit setelah meraih podium ketiga di GP Andalusia.

Musim 2018 performa rider yang juga fans dari Inter Milan ini sempat meningkat dengan berhasil finis di peringkat ketiga klasemen. Tetapi, pada musim 2019, prestasi The Doctor kembali menurun dengan finis di urutan ketujuh pada klasemen akhir.

Beberapa waktu lalu  sempat dikabarkan Rossi akan menjadi rekan setim sang adik, Luca Marini, di tim MotoGP miliknya, Aramco VR46 yang akan mulai terjun di musim 2022. Bahkan pihak Saudi Aramco sendiri yang meminta Rossi untuk tetap balapan musim depan.

Baca Juga: Profil dan Biodata Oura Gaming, Leader Evos Team Divisi Mobile Legends

Meski demikian, Rossi tetap akan dikenang sebagai legenda dunia balap motor MotoGP.  dengan torehan 9 gelar juara dunia, sekali pada kelas 125cc pada tahun 1997, sekali pada kelas 250cc (1999), dan tujuh kali juara dunia pada kelas puncak 500cc/MotoGP (2001, 2002, 2003, 2004, 2005, 2008, dan 2009).

Halaman:

Editor: Muhammad Suria


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x