Profil Rio Waida, Peselancar Indonesia Keturunan Jepang Pembawa Bendera RI di Pembukaan Olimpiade 2020

- 27 Juli 2021, 13:00 WIB
Profil Rio Waida, peselancar Indonesia keturunan Jepang pembawa bendera RI di pembukaan Olimpiade Tokyo 2020.
Profil Rio Waida, peselancar Indonesia keturunan Jepang pembawa bendera RI di pembukaan Olimpiade Tokyo 2020. /Instagram/riowaida_/

BERITA DIY - Profil Rio Waida, atlet selancar Indonesia keturunan Jepang pembawa bendera Indonesia di pembukaan Olimpiade Tokyo 2020.

Rio Waida tentu sangat bangga saat terpilih menjadi pembawa bendera RI di upacara pembukaan pentas olahraga multievent yang diselenggarakan di Olympic Stadium, Tokyo, pada Jumat 23 Juli 2021.

Selain itu, yang menarik adalah pakaian yang dikenakan Rio pada Upacara Pembukaan Olimpiade 2020. Ia memakai baju adat Bali Payas Madya (kemeja putih, beskap hitam, kain batik Bali gemerlap emas) dan sandal tradisional Jepang, tatami.

Baca Juga: Klasemen Perolehan Medali Olimpiade Tokyo 2020: Peringkat Berapa Indonesia?

Rio pun mengaku bangga atas kehormatan yang Ia dapatkan menjadi pembawa bendera negara di ajang multi event dunia, Olimpiade.

“Bisa mewakili Indonesia di Olimpiade dan membawa bendera Merah-Putih adalah kehormatan bagi saya dan tentunya ini momentum untuk memperkenalkan surfing (selancar) agar bisa lebih dikenal di Indonesia,” kata Rio dalam keterangan resmi.

Lantas, siapa sebenanrnya Rio Waida? Berikut kami sajikan profilnya.

Rio Waida merupakan kelahiran Saitama, Jepang, pada 25 Januari 2000. Rio lahir dari kedua orang tua beda negara. Sang ayah, Muhamad Zaini merupakan WNI, sedangkan sang ibu Kaoru Waida wanita asal jepang.

Bakat selancar Rio ternyata diturunkan dari kedua orang tuanya. Mereka juga pemain selancar dan sudah mengenalkan ombak kepada Rio sejak Rio masih kecil.

Halaman:

Editor: Muhammad Suria


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x