Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 3 Halaman 92 Susunlah Kata-kata di Bawah Menjadi Kalimat yang Tepat

- 24 Januari 2024, 06:50 WIB
Ilustrasi - Kunci jawaban Bahasa Indonesia kelas 3 halaman 92 Menulis susunlah kata-kata di bawah menjadi kalimat yang tepat, buku Kurikulum Merdeka.
Ilustrasi - Kunci jawaban Bahasa Indonesia kelas 3 halaman 92 Menulis susunlah kata-kata di bawah menjadi kalimat yang tepat, buku Kurikulum Merdeka. /PEXELS/RDNE Stock project

BERITA DIY - Simak kunci jawaban Bahasa Indonesia kelas 3 halaman 92 soal Menulis susunlah kata-kata di bawah menjadi kalimat yang tepat, buku Kurikulum Merdeka.

Bagi siswa kelas 3 SD/MI yang bingung dalam menyusun kata di buku Bahasa Indonesia Kurikulum Merdeka soal Menulis di halaman 92 boleh melihat kunci jawaban di sini.

Akan tersaji jawaban dari perintah "susunlah kata-kata di bawah menjadi ini kalimat yang tepat". Artikel ini cocok jadi sumber belajar tambahan dengan memanfaatkan internet.

Sebelum menyusun kalimat, Adik-adik perlu mengetahui unsur apa saja yang membentuk suatu kalimat. Apa saja unsur yang wajib ada dan apa saja yang termasuk unsur pelengkap.

Baca Juga: Kunci Jawaban Tema 5 Kelas 3 Halaman 27 Buatlah Kesimpulan Pemahamanmu Terhadap Cuaca, Ayo Bercerita

Kalimat dalam bahasa tulis memiliki pola dasar berupa Subyek (S) + Predikat (P). Asalkan memiliki dua unsur tersebut maka sudah bisa dibentuk suatu kalimat.

Namun boleh saya suatu kalimat diberi tambahan unsur pelengkap berupa Obyek (O), dan Keterangan (K). Inilah yang selanjutnya biasa dikenal dengan kalimat SPOK.

Subyek merupakan siapa yang menjadi pelaku dalam kalimat tersebut. Predikat berisi kata kerja. Objek merupakan unsur yang keberadaannya menyesuaikan dengan predikat.

Keterangan termasuk unsur tambahan yang bersifat opsional tidak wajib ada. Keterangan bisa berisi keterangan tempat, waktu, nomina atau frasa nominal, frasa numeral, frasa preposisional, atau adverbia.

Halaman:

Editor: Sani Charonni


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x