Apa yang Dimaksud Deforestasi Arti Istilah Tentang Penurunan Luas Hutan, Penyebab dan Dampak

- 22 Januari 2024, 10:35 WIB
Ilustrasi - Apa yang dimaksud Deforestasi arti istilah tentang penurunan luas hutan apa penyebab dan dampak dari deforestasi.
Ilustrasi - Apa yang dimaksud Deforestasi arti istilah tentang penurunan luas hutan apa penyebab dan dampak dari deforestasi. /Reuters/Nacho Doche

BERITA DIY - Berikut informasi apa yang dimaksud Deforestasi arti istilah tentang penurunan luas hutan apa penyebab dan dampak dari deforestasi.

Istilah Deforestasi beberapa baru-baru ini populer dan banyak dibicarakan warganet khususnya setelah debat cawapres kedua Pemilu 2024.

Deforestasi muncul setelah salah satu calon wakil presiden (cawapres) menyebutkan data deforestasi di Indonesia dalam kurun 10 tahun mencapai 12,85 juta hektar.

Apa arti deforestasi, penyebab dan dampak pada lingkungan hidup banyak dicari tentang apa itu deforestasi.

Baca Juga: Definisi Dicomblangin Artinya Apa Bahasa Gaul Viral di TikTok

Mengutip dari Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) deforestasi adalah kegiatan penebangan kayu dalam skala besar.

Selain itu deforestasi merupakan kondisi luas hutan yang mengalami penurunan, yang disebabkan oleh konversi lahan untuk infrastruktur, permukiman, pertanian, pertambangan, dan perkebunan.

Pada praktiknya deforestasi bisa dimaknai sebagai kondisi hilangnya atau berkurangnya area hutan yang beralih fungsi menjadi lahan lain.

Sementara itu, dalam Peraturan Menteri Kehutanan dijelaskan deforestasi adalah perubahan secara permanen area hutan menjadi tidak berhutan yang disebabkan oleh manusia.

Halaman:

Editor: Aziz Abdillah


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x