Cek Data Penerima PIP Oktober 2023 Siswa Ini Dapat BLT Meski Tidak Punya KIP, Pasti Cair jika Ada Tanda Ini

- 7 Oktober 2023, 16:43 WIB
Ilustrasi - Cek data penerima PIP Oktober 2023 nama siswa SD SMP SMA SMK ini dapat BLT anak sekolah meski tidak punya KIP pasti cair jika ada tanda ini.
Ilustrasi - Cek data penerima PIP Oktober 2023 nama siswa SD SMP SMA SMK ini dapat BLT anak sekolah meski tidak punya KIP pasti cair jika ada tanda ini. /Tangkap layar YouTube.com/Puslapdik Kemendikbud RI

BERITA DIY - Segera ikuti cara cek data penerima PIP Oktober 2023 nama siswa SD SMP SMA SMK ini dapat BLT anak sekolah meski tidak punya KIP pasti cair jika ada tanda ini.

Per Juli 2023 untuk penerima termin 1 dan 2, sebanyak 9.407.806 siswa telah menerima penyaluran BLT anak sekolah Program Indonesia Pintar dengan jumlah dana sebesar Rp5.044.813.5252.000.

Oktober adalah jadwal cair termin 3. Ikuti cara cek data siswa SD SMP SMA SMK penerima PIp yang cair Oktober. Meski tidak punya KIP, nama siswa berikut tetap dapat uang bantuan.

KIP atau Kartu Indonesia Pintar memang menjadi salah satu tanda bahwa siswa dalat PIP. Namun tidak semua yang punya PIP dapat BLT ini. Ada juga siswa pemegang KIP yang tidak dapat PIP karena ada alasan tertentu.

Baca Juga: Solusi Siswa Tidak Dapat BLT PIP 2023: Ini Cara Daftar Jadi Penerima PIP Kemdikbud 2024 Secara Online Lewat HP

Kemdikbud juga memberikan bantuan uang tunai PIp ini kepada siswa dari keluarga kurang mampu meskipun tidak memiliki KIP. Siswa tanpa KIP yang dapat PIP akan tercatat di SK Nominasi dan SK Pemberian PIP 2023.

KIP merupakan tanda jika siswa terdaftar di DTKS Kemensos. Jika ingin dapat PIP, maka nama siswa tersebut juga harus padan di Dapodik dan telah diberi tanda layak menerima PIP.

Meskipun memiliki KIP namun tidak terdaftar di Dapodik maka siswa tetap tidak dapat BLT anak sekolah ini. Lalu meskipun tidak punya KIP asalkan tercatat di Dapodik sebagai layak dapat PIP, maka siswa akan jadi penerima PIP.

Status penerima PIP dapat dicek secara online via laman resmi Kemdikbud bernama SIPINTAR yang dapat diakses lewat tautan pip.kemdikbud.go.id. Saat pengecekan, Anda perlu menuliskan NISN dan NIK siswa.

Halaman:

Editor: Iman Fakhrudin


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah