PIP Kemdikbud 2023 Cair Oktober, Siswa Terima Uang Rp1 Juta di BNI, Ini Cara Lapor Jika Tidak Dapat BLT KIP

- 7 Oktober 2023, 11:15 WIB
Ilustrasi- Kartu Indonesia Pintar KIP, PIP Kemdikbud 2023 cair Oktober, siswa terima uang Rp1 juta di rekening BNI, begini cara lapor jika tidak dapat bantuan BLT KIP.
Ilustrasi- Kartu Indonesia Pintar KIP, PIP Kemdikbud 2023 cair Oktober, siswa terima uang Rp1 juta di rekening BNI, begini cara lapor jika tidak dapat bantuan BLT KIP. /Tangkap layar instagram.com/@sobatpip
 
BERITA DIY - Berikut PIP Kemdikbud 2023 cair Oktober, siswa terima uang Rp1 juta di rekening BNI, begini cara lapor jika tidak dapat BLT KIP.
 
Pada tahap 3 penyaluran PIP Kemdikbud 2023, siswa akan terima uang Rp1 juta di rekening BNI dalam kurun waktu Oktober - Desember 2023 mendatang.
 
Namun apabila siswa SD - SMA tidak mendapatkan bantuan KIP dan tidak terdaftar di pip.kemdikbud.go.id, maka bisa lapor dengan cara ini.
 
PIP Kemdikbud merupakan bantuan yang diberikan pemerintah kepada anak usia sekolah yang berasal dari keluarga tidak mampu.
 
 
Hingga kini masih banyak pula siswa sekolah yang NIK dan NISN-nya tidak terdaftar di link resmi Kemdikbud pip.kemdikbud.go.id.
 
PIP Kemdikbud Oktober Rp1 juta hanya akan cair kepada siswa kelas 11 SMA, dan nantinya uang tersebut akan diterima secara langsung di rekening BNI masing-masing.
 
Sedangkan bagi kelas 10 dan 12 SMA akan mendapatkan uang BLT PIP ini sebesar Rp500 ribu, karena hanya akan melalui satu tahun anggaran bantuan.
 
Sementara bagi jenjang pendidikan SD - SMP akan mendapatkan uang PIP yang ditransfer di rekening BRI dengan jumlah hingga Rp750 ribu per tahunnya.
 
 
Lantas bagaimana bagi siswa yang hingga kini NIK dan NISN-nya tidak terdaftar dan tidak mendapatkan bantuan KIP dari pemerintah?
 
Cara Dapat Bantuan KIP PIP Kemdikbud 2024
 
1. Siapkan berkas dokumen dan ajukan ke pihak sekolah
- Fotokopi KKS/PKH/SKTM dari kelurahan
- Fotokopi akta kelahiran
- Fotokopi KK
 
2. Orang tua mengajukan permohonan usulan calon penerima PIP ke operator Dapodik di sekolah
 
3. Operator Dapodik akan memasukkan data siswa sebagai layak PIP ke sistem
 
 
4. Cek secara berkala pada di link pip.kemdikbud.go.id
 
5. Input NIK siswa, NISN, dan hasil penjumlahan 
 
6. Klik "Cari Penerima PIP"
 
7. Pastikan data siswa ditemukan pada sistem pip.kemdikbud.go.id
 
Pasalnya jika berhasil mengajukan permohonan usulan penerima PIP, maka bantuan akan cair pada tahun 2024 mendatang.
 
Karena pada tahap 3 ini penyaluran PIP tahun 2023 dikhususkan bagi siswa yang telah menerima SK Nominasi dan belum melakukan aktivasi rekening SimPel.
 
Demikianlah PIP Kemdikbud 2023 cair Oktober, siswa terima uang Rp1 juta di rekening BNI, begini cara lapor jika tidak dapat BLT KIP.***

Editor: Muhammad Suria


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x