Hari Terakhir ASPD Tingkat SMP di Yogyakarta, IPA Jadi Mata Pelajaran Terakhir yang Diuji

- 19 Mei 2023, 08:45 WIB
Ilustrasi - Para siswa tingkat SMP di Yogyakarta melakukan ujian terakhir ASPD (Asesmen Standarisasi Pendidikan Daerah) mata pelajaran IPA pada Jumat, 19 Mei 2023.
Ilustrasi - Para siswa tingkat SMP di Yogyakarta melakukan ujian terakhir ASPD (Asesmen Standarisasi Pendidikan Daerah) mata pelajaran IPA pada Jumat, 19 Mei 2023. /Instagram.com/@yudhitriyono_

BERITA DIY - Para siswa tingkat akhir SMP di Yogyakarta hari ini melakukan ujian Asesmen Standarisasi Pendidikan Daerah (ASPD) terakhir di sekolah masing-masing. Mata pelajaran yang diuji adalah Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) yang terdiri dari ilmu fisika dan biologi. Jumlah soal yang diuji terdiri dari 40 soal.

Ujian ASPD tingkat SMP sudah dilaksanakan sejak Senin, 15 Mei 2023. Ujian hari pertama dimulai dengan mata pelajaran Bahasa Indonesia kemudian disusul hari-hari berikutnya Matematika, Bahasa Inggris, dan terakhir IPA.

Ujian Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris terdiri dari 50 soal. Akan tetapi untuk mata pelajaran Matematika terdiri dari 40 soal. Ujian ASPD tahun ini diujikan untuk mengukur kemampuan siswa dalam hal literasi membaca, literasi numerisasi, dan literasi sains.

Ujian dibagi menjadi dua sesi setiap harinya. Sesi pertama dimulai dari pukul 07.30 - 09.30 WIB. Setelah itu, dilanjutkan sesi kedua dimulai dari pukul 10.00 - 12.00 WIB.

Baca Juga: Rekrutmen ASDP Indonesia Ferry Lowongan Kerja Staff: Formasi, Syarat, dan Link Pendaftaran

Akan tetapi, pada hari terakhir pembagian sesi berubah untuk jamnya. Sesi pertama dimulai dari pukul 07.00 - 09.00 WIB. Kemudian sesi kedua dilanjutkan dari pukul 09.30 - 11.30 WIB. Pembagian sesi ini tergantung kepada kebijakan masing-masing sekolah.

Pembagian sesi ini dilakukan karena terbatasnya jumlah komputer di sekolah. Ujian ASPD ini sifatnya berbasis komputer semi online dengan soal-soal pilihan ganda yang harus dikerjakan sesuai tepat waktu oleh siswa.

Halaman:

Editor: Sani Charonni


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x