Berapa Besaran Uang dan Beras Wajib Dibayarkan Zakat Fitrah Lebaran 2023? Ini Perhitungan dan Bacaan Niatnya

- 15 April 2023, 15:40 WIB
Ilustrasi. Simak besaran uang dan beras untuk zakat fitrah jelang lebaran Idul Fitri 2023, disertai bacaan niat membayar zakat fitrah lengkap.
Ilustrasi. Simak besaran uang dan beras untuk zakat fitrah jelang lebaran Idul Fitri 2023, disertai bacaan niat membayar zakat fitrah lengkap. /UNSPLASH/@dephinite_default

BERITA DIY - Simak penjelasan terkait berapa besaran uang dan beras yang wajib dibayarkan untuk zakat fitrah sebelum lebaran Idul Fitri 2023.

Penjelasan berikut juga disertai dengan cara menghitung zakat fitrah dan bacaan niat ketika membayar zakat tahun ini.

Menjelang perayaan lebaran hari raya Idul Fitri 2023 yang kini semakin dekat, tentunya membuat masyarakat Indonesia tidak lupa tentang zakat fitrah.

Diketahui zakat sendiri merupakan sebagian dari harta yang wajib dikeluarkan oleh setiap Muslim apabila mencapai syarat yang sudah ditetapkan ajaran Islam.

Zakat sendiri dari segi bahaya memiliki arti arti suci, baik, berkah, tumbuh, dan berkembang, di mana zakat juga mengandung makna harapan untuk memperoleh berkah, membersihkan jiwa, dan memupuk kebaikan.

Baca Juga: 4 Ide Hampers Lebaran Idul Fitri 2023 yang Murah dan Kreatif

Keutamaan dan manfaat dari pelaksanaan zakat dijelaskan pada Surah At-Taubah ayat 103, yang memiliki arti “Ambillah zakat dari sebagian harta mereka, dengan zakat itu kamu membersihkan dan mensucikan mereka”.

Zakat menurut Islam dibagi menjadi dua salah satunya adalah zakat fitrah, adalah zakat yang diwajibkan atas setiap jiwa baik lelaki dan perempuan muslim yang dilakukan pada bulan Ramadhan.

Halaman:

Editor: Arfrian Rahmanta


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah