Profil Provinsi Jawa Barat: Ibu Kota, Bahasa, Ada Berapa Daerah, Nama Gubernur, Peta, dan Rumah Adat

- 18 Maret 2022, 19:00 WIB
Profil Provinsi Jawa Barat lengkap dengan nama  ibu kota, bahasa daerah, ada berapa Kabupaten/Kota, nama Gubenrur, peta, rumah adat.
Profil Provinsi Jawa Barat lengkap dengan nama ibu kota, bahasa daerah, ada berapa Kabupaten/Kota, nama Gubenrur, peta, rumah adat. /Tangkap layar: jabarprov.go.id

BERITA DIY - Berikut informasi profil Provinsi Jawa Barat lengkap dengan nama ibu kota, bahasa daerah, ada berapa daerah, nama Gubernur, peta, dan rumah adat.

Jawa Barat merupakan provinsi di Indonesia yang berada di bagian barat Pulau Jawa dan memiliki luas wilayah 35.377,76 kilometer persegi.

Di bagian utara Provinsi Jawa Barat berbatasan dengan DKI Jakarta dan Laut Jawa. Kemudian di sebelah timur berbatasan dengan Provinsi Jawa Tengah.

Baca Juga: Makna Sumpah Pemuda Bagi Pelajar dan Kaum Milenial untuk Tanamkan Wawasan Kebangsaan

Baca Juga: Kunci Jawaban dan Pembahasan Soal Matematika Kelas 7 SMP MTs Semester 2: Melukis Sudut Istimewa

Baca Juga: Kunci Jawaban dan Pembahasan Soal IPA Kelas 8 SMP MTs Semester 2 Halaman 224: Cahaya dan Alat Optik

Di sebelah barat Provinsi Jawa Barat berbatasam dengan Provinsi Banten dan Provinsi DKI Jakarta. Sementara di sebelah selatan berbetasan dengan Laut Jawa.

Bahasa daerah yang digunakan sebagai besar masyarakat Jawa Barat adalah bahasa sunda. Sementara di daerah Kabupaten dan Kota Cirebon, Kabupaten Indramayu, sebagai utara Kabupaten Subang, dan sebagai utara Kabupaten Karawang memakai bahasa Jawa Cirebon.

Adapun di daerah yang berbatasan dengan DKI Jakarta meliputi eperti sebagian Kota Bekasi, Kabupaten Bekasi, Kabupaten Bogor, dan Kota Depok berdialek memakai bahasa Betawi.

Halaman:

Editor: Bagus Aryo Wicaksono


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x