Belajar Aksara Jawa dan Pasangannya Online, LENGKAP hingga Angka

- 1 Maret 2022, 17:50 WIB
Belajar aksara Jawa dan pasangannya online, lengkap hingga angka.
Belajar aksara Jawa dan pasangannya online, lengkap hingga angka. /instagram.com/@tulisan_jawa

BERITA DIY - Aksara Jawa merupakan salah satu aksara yang masih digunakan hari ini khususnya di Pulau Jawa. Simak selengkapnya untuk belajar aksara Jawa dan pasangannya, lengkap hingga angka secara online.

Aksara Jawa merupakan salah satu aksara yang masih banyak digunakan dan dipelajari. Aksara Jawa juga dikenal dengan sebutan Hanacaraka, Carakan, dan Dentawyanjana.

Kini aksara Jawa tidak hanya digunakan oleh orang Jawa, melainkan banyak daerah lain yang menggunakan aksara Jawa dalam menulis naskah tertentu. Beberapa suku yang kini banyak menggunakan aksara Jawa antara lain Sunda, Melayu, Madura dan Sasak.

Baca Juga: Arti Kata Sat Set dalam Bahasa Indonesia, Istilah dari Fiersa Besari: Benarkah dari Kata Bahasa Jawa?

Secara kesejarahan, aksara Jawa merupakan turunan dari aksara Brahmi melalui aksara Kawi yang hampir mirip dengan aksara Bali. Aksara Jawa banyak digunakan pada abad 15 hingga pertengahan 20 ketika aksara latin belum populer dan mendominasi secara bahasa tulis menulis.

Bahkan aksara Jawa hari ini merupakan salah satu mata pelajaran muatan lokal pada siswa dari sekolah dasar hingga sekolah menengah atas. Aksara Jawa kini perlahan mulai pudar, digantikan dengan aksara latin yang digunakan dalam setiap kepenulisan sehari-hari.

Untuk memahami aksara Jawa, terlebih dahulu harus memahami dasar aksara tersebut. Diketahui, aksara Jawa memiliki 20 aksara dasar.

Baca Juga: Arti Mletre Mendem Asek dalam Bahasa Jawa, Ini Lirik Lagu dan Chord Kunci Gitar Mudah

Ha ꦲ

Halaman:

Editor: Muhammad Suria


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x