Apa Itu Hidrometeorologi, Apakah Bahaya? Ini Wilayah yang Sering Kena, Benarkah Harus Waspada?

- 28 Januari 2022, 20:59 WIB
Ilustrasi - Belakangan ramai pembahasan mengenai fenomena hidrometeorologi. Sebenarnya apa itu? Apakah bahaya? Simak daftar wilayah yang sering kena.
Ilustrasi - Belakangan ramai pembahasan mengenai fenomena hidrometeorologi. Sebenarnya apa itu? Apakah bahaya? Simak daftar wilayah yang sering kena. /HUMAS BNPB/ANTARA FOTO

BERITA DIY - Belakangan ramai pembahasan mengenai fenomena hidrometeorologi. Sebenarnya apa itu? Apakah bahaya? Simak daftar wilayah yang sering kena.

Secara harfiah, hidrometeorologi merupakan ilmu tentang atmosfer. Maka, bencana hidrometeorologi adalah bencana yang disebabkan oleh perilaku atmosfer.

Lebih luas, bencana hidrometeorologi adalah bencana yang disebabkan oleh faktor astmosferik, hidrologis, atau oseanografis. Maka bisa dibilang, curah hujan dan perubahan iklim juga termasuk penyebabnya.

Baca Juga: Bacaan Doa Mohon Perlindungan dan Keselamatan Keluarga dari Bencana hingga Gunung Meletus

Efek dari bencana hidrometeorologi tidaklah main-main, bencana yang datang dari fenomena atmosfer tersebut bisa mendatangkan banjir, tanah longsor, angin kencang, hingga gelombang tinggi.

Ternyata, Indonesia yang kebetulan tepat berada di wilayah cincin api atau ring of fire, tak cuma sering terdampak oleh bencana vulkanologi atau tektonik, melainkan juga hidrometeorologi.

Mengutip siaran Kemenko PMK di website resmi kemenkopmk.go.id, sampai bulan November 2021, Indonesia telah mengalami 2.431 kali bencana.

Baca Juga: Bagaimana Mengetahui Peringatan Dini Bencana? Cara Cek Update BMKG dari Gempa, Tsunami, hingga Erupsi

Dari seluruh bencana tersebut, sebanyak 98 persen diantaranya merupakan bencana yang berasal dari fenomena hidrometeorologi.

Halaman:

Editor: Aziz Abdillah


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x