Selamatkan Diri dari Bencana Gempa Bumi, Ini Mitigasinya

- 21 Januari 2021, 11:08 WIB
Ilustrasi menghindarkan diri dari bencana gempa dan tsunami.
Ilustrasi menghindarkan diri dari bencana gempa dan tsunami. /Tangkap layar bmkg.go.id

BERITA DIY - Gempa bumi yang melanda Sulawesi Barat sepekan yang lalu masih menyisakan trauma bagi sebagian korbannya.

Rumah-rumah yang hancur dan orang-orang yang terluka hanya dua hal dari banyaknya hal lain yang menjadi perhatian saat terjadinya gempa bumi.

Terlepas dari bencana gempa bumi yang terjadi di Sulbar, secara umum ornag Indonesia sudah diberi tahu oleh otoritas bagaimana caranya mencegah diri dari kemungkinan menjadi korban bencana gempa bumi.

Baca Juga: Hibahkan Tanah 10 Hektare ke NU, Luhut Ternyata Punya ‘Utang’ ke Gus Dur

Dilansir Berita DIY dari laman BMKG, berikut mitigasi yang bisa dilakukan oleh masyarakat agar tidak menjadi korban gempa bumi:

1. Ketika sedang berada di dalam bangunan

Jika masih memungkinkan untuk keluar dari bangunan, silakan untuk keluar dengan tertib. Pastikan tetap mengantre jika terdapat banyak orang. Jika kondisi tidak memungkinkan untuk melarikan dari dari bangunan, carilah tempat yang aman di dalam bangunan itu atau bersembunyilah di bawah meja.

2. Jika berada di luar bangunan

Jika berada di luar bangunan, pastikan Anda berada jauh dari bangunan yang ada di sekitar. Jauhi benda-benda yang kemungkinan bisa roboh ketika terjadi guncangan gempa. Juga, perhatikan tempat Anda berpijak untuk mengantispasi terjadinya rekahan tanah.

Halaman:

Editor: Adestu Arianto

Sumber: BMKG


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x