Kemensos Berikan Bantuan Rp2,6 Miliar Untuk Korban Bencana Banjir dan Longsor di NTT

- 5 April 2021, 13:08 WIB
Seorang warga menyaksikan banjir bandang yang merusak permukiman di Desa Waiburak, Kecamatan Adonara Timur, Flores Timur, NTT, Minggu (4/4/2021). Berdasarkan data BPBD Kabupaten Flores Timur sebanyak 23 warga meninggal dunia akibat banjir bandang yang dipicu hujan dengan intensitas tinggi pada minggu dini hari. ANTARA FOTO/HO/Dok BPBD Flores Timur/wpa/foc.
Seorang warga menyaksikan banjir bandang yang merusak permukiman di Desa Waiburak, Kecamatan Adonara Timur, Flores Timur, NTT, Minggu (4/4/2021). Berdasarkan data BPBD Kabupaten Flores Timur sebanyak 23 warga meninggal dunia akibat banjir bandang yang dipicu hujan dengan intensitas tinggi pada minggu dini hari. ANTARA FOTO/HO/Dok BPBD Flores Timur/wpa/foc. /HUMAS BNPB/ANTARA FOTO

BERITA DIY - Kementerian Sosial (Kemensos) menyalurkan bantuan Rp2,6 miliar kepada korban banjir dan tanah longsor di Kabupaten Flores Timur dan Lembata, Nusa Tenggara Timur.

Direktur Jenderal Perlindungan dan Jaminan Sosial Kemensos, Pepen Nazaruddin mengatakan bantuan ditujukan untuk pemenuhan kebutuhan dasar dan santunan bagi korban akan sampai siang ini.

Pepen mengatakan logistik bersumber dari Gudang Dinas Sosial Provinsi NTT dan Gudang Dinas Sosial Provinsi Jawa Timur serta belanja langsung.

Baca Juga: Profil dan Biodata Tiar Nabilla Karbala, CEO baru Restock ID Gantikan MFA Tersangka Kasus Acungkan Senjata Api

Baca Juga: Pernikahan Atta dan Aurel Diunggah Setneg, dr. Tirta Mengaku Kecewa: Seolah-olah Kegiatan Negara

Baca Juga: Cara Dapat BLT UMKM Rp 1,2 Juta, Cek Online di Link eform.bri.co.id: Ini Syarat Daftar BPUM

“Kemensos juga menyalurkan santunan korban meninggal dunia untuk 76 jiwa kepada ahli waris masing-masing sebesar Rp15 juta dengan total santunan Rp1,140 miliar,” kata Pepen dikutip dari Antara, Senin, 5 April 2021.

Direktur Perlindungan Sosial Korban Bencana Alam (PSKBA) Syafii Nasution menambahkan, 27 jiwa korban luka berat juga akan diberikan santunan dengan nilai Rp135 juta per orang.

Baca Juga: Cara Dapat BLT UMKM Rp 1,2 Juta, Cek Online di Link eform.bri.co.id: Ini Syarat Daftar BPUM

Baca Juga: Klik Link dtks.kemensos.go.id, BST Rp300 Ribu Cair April 2021, Ini Cara Daftar Bansos

Selain bantuan logistik, Kemensos juga menerjunkan Taruna Siaga Bencana (Tagana) untuk penanganan bencana bersinergi dengan unsur-unsur terkait.

“Di kawasan bencana, Tagana bertugas melakukan pendataan korban, evakuasi korban ke tempat aman khususnya kepada kelompok rentan yang terdiri atas lansia, anak-anak, penyandang disabilitas, dan kelompok khusus lainnya,” katanya.

Baca Juga: Resmi Digelar, Berikut Jadwal PUBG Mobile Pro League Indonesia Season 3 beserta Link Live Streaming

Halaman:

Editor: Muhammad Suria

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x