Pengertian Teks Eksposisi Beserta Tujuan, Struktur, Ciri-ciri, dan Contoh Teks Tentang COVID-19

- 24 Agustus 2021, 16:06 WIB
ILUSTRASI - Simak pengertian, tujuan, ciri-ciri, struktur, dan contoh teks eksposisi tentang COVID-19.
ILUSTRASI - Simak pengertian, tujuan, ciri-ciri, struktur, dan contoh teks eksposisi tentang COVID-19. /PEXELS/fotios-photos

BERITA DIY - Pahami pengertian teks eksposisi, beserta tujuan, struktur, ciri-ciri, dan contoh teks eksposisi tentang COVID-19. Adapun materi tentang teks eksposisi ini dipelajari oleh pelajar di bangku SMP dan SMA, sehingga sangat penting untuk disimak.

Dikutip dari Modul Pembelajaran SMA Bahasa Indonesia dari laman repositori.kemdikbud.go.id, pengertian teks eksposisi adalah teks yang berisi tentang pengungkapan ide, perasaan, dan opini seseorang.

Adapun tujuan seseorang menyampaikan pendapat melalui teks eksposisi adalah untuk meyakinkan publik tentang suatu isu atau permasalahan. 

Baca Juga: Apa Itu Teks Prosedur Kompleks? Berikut Pengertian, Ciri-ciri, Beserta 3 Contohnya

Setelah mengetahui pengertian singkat di atas, maka berikut ini disampaikan ciri-ciri teks eksposisi berdasarkan laman Sumber Belajar Kemidukbud.

1. Menggunakan pronomina, kata pengganti orang atau benda. Contohnya: saya, aku, kita, kami, dan lain-lain.

2. Menggunakan nomina kelas kata benda. Contohnya: komunitas, rakyat, negara, dan lain-lain.

3. Menggunakan verbaatau kata kerja, baik itu verba pasif dan verba aktif).  Misalnya, dibaca, ditaati (verba pasif), membangun, menyetujui (verba aktif), dan lain-lain.

Baca Juga: Jadwal Asesmen Nasional Pengganti UN bagi SD, SMP, SMA, dan SMK Terbaru

4. Menggunakan adjektiva yaitu kata sifat yang dapat melekat pada kata sangat atau sekali. Misalnya, optimistis, potensial, yakin, dan lain-lain.

Halaman:

Editor: Inayah Bastin Al Hakim


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x