11 Daftar Makanan yang Paling Ideal untuk Diet atau Menurunkan Berat Badan Menurut Penelitian

- 7 Januari 2021, 13:29 WIB
Ilustrasi. 11 daftar makanan yang ideal untuk menurunkan berat badan dan cocok untuk diet.
Ilustrasi. 11 daftar makanan yang ideal untuk menurunkan berat badan dan cocok untuk diet. //pixabay/Silviarita

BERITA DIY - Bagi sebagian orang, menjaga makanan dan kalori yang masuk ke dalam tubuh sangat dibutuhkan untuk menjaga agar berat badan tetap ideal.

Salah satu cara untuk menjaga makanan dan asupan kalori tersebut adalah dengan mengonsumsi makanan yang rendah kalori namun tetap mengandung berbagai nutrisi lain agar tetap sehat.

Dilansir dari Healthline, berikut ini merupakan 11 daftar makanan yang paling ideal untuk diet menurunkan berat badan:

Baca Juga: Bantuan BPUM UMKM Rp 2,4 Juta Cair Januari Tidak Bisa Diwakilkan, Cek NIK KTP di eform.bri.co.id

1. Telur Utuh

Meskipun asupan telur yang tinggi meningkatkan kadar kolesterol LDL "jahat" pada beberapa orang, telur adalah salah satu makanan terbaik untuk dimakan jika Anda perlu menurunkan berat badan. Telur termasuk tinggi protein dan lemak, dan sangat mengenyangkan.

Sebuah studi pada 30 wanita yang kelebihan berat badan menunjukkan bahwa makan telur untuk sarapan, alih-alih bagel justru meningkatkan perasaan kenyang (kenyang) dan membuat peserta makan lebih sedikit selama 36 jam berikutnya.

2. Sayuran Hijau

Sayuran hijau termasuk kale, bayam, collard, swiss chards dan beberapa lainnya memiliki beberapa khasiat yang membuatnya sempurna untuk diet penurunan berat badan, seperti rendah kalori dan karbohidrat serta sarat dengan serat.

Sayuran hijau juga sangat bergizi dan sangat tinggi banyak vitamin, antioksidan dan mineral, termasuk kalsium, yang telah terbukti membantu pembakaran lemak dalam beberapa penelitian.

Baca Juga: Tak Semua Wilayah Terapkan Pembatasan Aktivitas Sosial, Berikut Kriterianya

3. Salmon

Ikan berlemak seperti salmon sangat sehat dan sangat memuaskan, membuat Anda kenyang selama berjam-jam dengan kalori yang relatif sedikit. Salmon juga sarat dengan protein berkualitas tinggi, lemak sehat, dan berbagai nutrisi penting.

4. Sayuran Cruciferous

Sayuran kucifer termasuk brokoli, kembang kol, kubis dan kubis Brussel kaya serat dan cenderung sangat mengenyangkan. Terlebih lagi, jenis sayuran ini umumnya mengandung protein dalam jumlah yang cukup.

Proteinnya hampir tidak setinggi makanan hewani atau kacang-kacangan, tetapi masih tinggi dibandingkan dengan kebanyakan sayuran.

Baca Juga: Penerimaan Polri via Sekolah Inspektur Polisi Sumber Sarjana Dibuka, Lulusan S1 dan D4 Bisa Daftar

5. Daging Sapi Tanpa Lemak dan Dada Ayam

Halaman:

Editor: Iman Fakhrudin


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x