'Nikah Bareng Merah Putih' di Kabupaten Bantul Peringati HUT Kemerdekaan: Pertama di Indonesia

- 12 Agustus 2020, 22:04 WIB
Foto peserta 'Nikah Bareng Merah Putih' di Pantai Cemoro Sewu
Foto peserta 'Nikah Bareng Merah Putih' di Pantai Cemoro Sewu /facebook.com/Kua Kretek

Berita DIY - Kabupaten Bantul memiliki cara yang unik dalam menyambut datangnya hari kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-75. Setelah pemberitahuan tidak adanya Malam Tirakatan di seluruh Kabupaten Bantul, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bantul menggelar acara yang berbeda dari tahun-tahun sebelumnya.

Forum Taaruf Indonesia Sewon bersama Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bantul dengan dukungan Pemkab Bantul menyelenggarakan 'Nikah Bareng Merah Putih' untuk membantu masyarakat yang kesulitan dalam menyelenggarakan pernikahan sekaligus untuk memperingati kemerdekaan Republik Indonesia ke-75.

Pasangan yang mendaftar akan mendapatkan fasilitas berupa penyelenggaraan ijab qobul gratis, foto prewedding dan lain-lain. Penyelenggaraan kegiatan juga dilaksanakan dengan protokol kesehatan yang ketat untuk mencegah penularan Covid-19.

Baca Juga: Pemkab Bantul Tiadakan Malam Tirakatan Memperingati HUT RI Ke-75

'Nikah Bareng Merah Putih' yang diselenggarakan bertema "Bersatu Merajut Kasih, Berjuang di Tengah Pandemi Untuk Indonesia Maju". Kegiatan ini dilaksanakan selama dua pekan berturut-turut yakni tanggal 3 - 14 Agustus 2020 dengan puncak acara pada tanggal 12 Agustus 2020 hari ini di KUA Kecamatan Kretek Bantul. Kegiatan 'Nikah Bareng Merah Putih' ini disinyalir merupakan nikah bareng pertama yang diselenggarakan selama dua pekan berturut-turut di Indonesia.

Sebanyak sebelas pasang pengantin mengikuti puncak acara di KUA Kecamatan Kretek dan bersama-sama mengunjungi Pantai Cemara Sewu, Kecamatan Kretek, Kabupaten Bantul. Sesampainya di Pantai Cemara Sewu, sebelas pasang pengantin melakukan sesi foto prewedding berpasangan dan bersama-sama.

Baca Juga: T-Shirt OBEY yang Dikenakan J-Hope BTS dalam Photo Teaser 'Dynamite' Sold Out Kurang dari Lima Menit

Fakta unik dari kegiatan 'Nikah Bareng Merah Putih' ini, semua pasangan pengantin bersama-sama membuat tiktok dengan dipandu oleh dua orang peraga.

"Pernikahan kali ini membawa misi sosial, religi, budaya, pariwisata dan kebangsaan. Dan momentum ini merupakan pernikahan pasangan ke-8.375 untuk Dirgahayu Indonesia ke-75 dan HUT Fortais ke-9 dii Pernikahan Bareng ke-55 Thaun 2020" ungkap Ryan Budi Utomo selaku Ketua Golek Garwo Fortais Sewon Bantul dan Nikah Bareng Nasional sebagaimana dilansir ANTARA.

Halaman:

Editor: Nia Sari

Sumber: Permenpan RB Facebook Bella Irana


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x