Kunjungan PSI ke Golkar Disinyalir Jadi Pendekaran ke KIB dan Untungkan Pencapresan Airlangga Hartarto

- 24 Agustus 2022, 18:30 WIB
Kunjungan PSI ke DPP Golkar disinyalir jadi pendekatan ke Koalisi Indinesia Bersatu (KIB) dan berpotensi menguntungkan Airlangga Hartarto.
Kunjungan PSI ke DPP Golkar disinyalir jadi pendekatan ke Koalisi Indinesia Bersatu (KIB) dan berpotensi menguntungkan Airlangga Hartarto. /Golkar/

 

BERITA DIY - Sejumlah partai politik (parpol) terus melakukan lobi-lobi dan silaturahim dengan parpol lain menjelang pemilihan umum (Pemilu) 2024.

Terdekat, Partai Solidaritas Indonesia (PSI) berkunjung ke DPP Partai Golkar. Pertemuan ini disinyalir berkaitan dengan pencapresan Airlangga Hartarto.

Sebagaimana diketahui, Ketua Umum Partai Golkar ini merupakan salah satu kanditan Capres terkuat dari partainya sekaligus Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) bersama PAN dan PPP.

"Sebagai partai menengah yang tidak dominan, Golkar dan KIB akan menarik kekuatan dengan banyak sumber, termasuk dengan partai non parlemen sekalipun," kata Direktur Eksekutif Indonesia Political Opinion (IPO) Dedi Kurnia Syah Putra.

Baca Juga: Airlangga Hartanto Berpeluang Jadi Capres dari Golkar dan KIB Seiring Banyaknya Dukungan yang Muncul

Menurut Dedi, pertemuan itu juga untuk menunjukkan peran Airlangga dalam lobi politik terkait upaya pencapresan Airlangga pada Pilpres 2024.

"Orientasinya agar Airlangga Hartarto terlihat yang paling menonjol, dan mudah lakukan lobi politik dukungan pencapresannya," sambung Dedi.

Menurut Dedi, upaya lobi politik untuk pencapresan Airlangga menjadi sebab utama silaturahmi tersebut. PSI dinilai punya basis pemilih yang berbeda dengan Golkar, sehingga tidak ada kekhawatiran akan terjadi tumpang tindih.

"Pertemuan Golkar-PSI dalam rangka itu. Sekurangnya PSI punya daya propaganda, dan pemilih yang terbatas, tidak berbaur dengan pemilih partai lain, semisal kelompok milenial, sehingga memungkinkan bisa menambah suara koalisi dan tidak tumpang tindih dengan pemilih Golkar," tambahnya.

Halaman:

Editor: Iman Fakhrudin


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x