Koalisi Partai Politik Jelang Pemilu 2024 Diharapkan Bawa Manfaat untuk Rakyat

- 19 Agustus 2022, 18:00 WIB
Koalisi partai politik jelang Pemilu 2022 diharapkan bawa manfaat untuk rakyat dan menjunjung demokrasi.
Koalisi partai politik jelang Pemilu 2022 diharapkan bawa manfaat untuk rakyat dan menjunjung demokrasi. /ANTARA FOTO/Aprillio Akbar

BERITA DIY - Terbentuknya beberapa koalisi partai politik (parpol) menjelang pemilihan umum (Pemilu) 2024 diharapkan membawa manfaat untuk rakyat.

Sebagaimana diketahui, menjelang pesta demokrasi terbesar di Indonesia, sejumlah parpol sudah mulai bersiap untuk merebut hati rakyat agar mendapatkan suara terbanyak.

Salah satunya yakni dengan kolaborasi atau membentuk koalisi. Koalisi ini juga dilakukan agar  bisa mengusung calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres).

Saat ini sudah ada koalisi yang terbentuk, yakni Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) yang terdiri dari Golkar, PAN, dan PPP serta Koalisi Gerindra-PKB.

Baca Juga: PATEN Milik Koalisi Indonesia Bersatu Harus Diturunkan Jadi Program yang Bermanfaat untuk Rakyat

Masing-masing koalisi juga diprediksi sedang melirik parpol lain agar semakin kuat. Mereka diharapkan mampu membawa manfaat untuk rakyat.

"Dengan bentukan koalisi ini kita lihat juga, jangan cuma untuk meningkatka porsi tawar, mendapatkan calon yang elektabilitasnya tinggi, namun membentuk sistem jangka panjang, demokrasi." kata Pengamat Politik dari Universitas Indonesia, Cecep Hidayat hari ini (19/8).

Pemilu 2024 merupakan pemilu ke-5 setelah 1999 di era demokrasi.

"Harapannya, demokrasi di Indonesia dapat terkonsolidasi dengan baik, membawa Indonesia ke demokrasi yang lebih matang, ditandai dengan adanya kerjasama dari para elit partai. " jelas Cecep.

Halaman:

Editor: Iman Fakhrudin


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x