Elit Partai Politik Sibuk Beranjangsana, Koalisi Menuju Pilpres 2024 Masih Dinamis

- 23 Agustus 2022, 19:00 WIB
 Elit partai politik sibuk beranjangsana, koalisi menuju Pilpres 2024 dinilai masih dinamis dan bisa semakin membesar.
Elit partai politik sibuk beranjangsana, koalisi menuju Pilpres 2024 dinilai masih dinamis dan bisa semakin membesar. /Pikiran-Rakyat.com/Muhammad Rizky Pradila/

BERITA DIY - Sejumlah elit partai politik (parpol) masih sibuk beranjangsana menjelang Pemilihan Umum atau Pemilu 2024.

Hal ini membuat koalisi semakin dinamis dalam menentukan calon pesiden dan calon wakil presiden untuk Pemillu 2024 mendatang.

Kesibukan elit partai politik yang saling berkunjung ini dinilai pengamat politik sebagai bagian mencairkan diri dan berinteraksi satu sama lain.

Ini juga bisa membuat koalisi yang ada semakin dinamis atau berubah saat mendekati pendaftaran Capres 2024.

Baca Juga: Koalisi Indonesia Bersatu Buka Peluang jika Demokrat Ingin Bergabung, Demi Kepentingan Bangsa

“Parpol di Indonesia pragmatis iya, karena mereka melihat ikatan-ikatan itu ya dibuat cair saja, memudahkan untuk berinteraksi satu sama lain,” kata Direktur Eksekutif Algoritma, Aditya Perdana hari ini (23/8).

Adapun koalisi yang sudah terbentuk adalah Koalisi Indonesia Bersatu (KIB), Koalisi Gerindra-PKB, juga poros Nasdem-PKS-Demokrat.

“Memang demikian adanya, bahwa sampai saat ini, detik ini, belum ada kesepakatan yang jelas soal koalisi. Dalam bahasa mudahnya, masih saling lirik melirik, masih tahap awal, belum ada yang mengikat satu sama lain, meski secara formal mereka bilang, KIB ada, Nasdem-PKS-Demokrat, belum ada pengantinnya belum ada,” jelas Aditya.

Meskipun telah bergabung dengan sebuah Koalisi maupun merapat pada poros tertentu, Parpol masih terus menjajaki peluang sehingga bisa saja nantinya ada perubahan.

Halaman:

Editor: Iman Fakhrudin


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x