Kepala BPIP Ajak Mahasiswa Baru IAIN Kediri Tanamkan Karakter dan Nilai-nilai Pancasila

- 23 Agustus 2022, 10:00 WIB
Kepala BPIP ajak mahasiswa baru IAIN Kediri tanamkan karakter dan nilai-nilai Pancasila untuk jadi pemimpin di masa depan.
Kepala BPIP ajak mahasiswa baru IAIN Kediri tanamkan karakter dan nilai-nilai Pancasila untuk jadi pemimpin di masa depan. /Dok. BPIP

BERITA DIY - Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Yudian Wahyudi mengajak mahasiswa baru Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kediri menanamkan karakter dan nilai-nilai Pancasila.

Hal ini ia sampaikan dalam acara Pengenalan Budaya Akademik dan Kemahasiswaan (PBAK) yang diselenggarakan oleh IAIN Kediri, Senin, 22 Agustus 2022 kemarin.

Menurutnya, mahasiswa baru yang kelak akan menjadi calon-calon pemimpin bangsa di masa depan harus diberi karakter dan nilai-nilai kemahasiswaan melalui pembinaan ideologi Pancasila.

Guru Besar UIN Sunan Kalijaga tersebut juga menambahkan bahwa momentum HUT Kemerdekaan Republik Indonesia di bulan Agustus menjadi penting untuk diingat dan diteladani kembali.

Baca Juga: BPIP Gelar Silaturahmi Daerah di Sumatera Barat untuk Meningkatkan Aktualisasi Pancasila

"Dalam sejarah dunia, Proklamasi kemerdekaan Indonesia merupakan proklamasi terbaik dan terhebat, mengapa? Karena Proklamasi kita terjadi saat Perang Dunia II yang merupakan perang terbesar dalam sejarah umat manusia ditunjang dengan teknologi militer yang canggih, di sisi lain bangsa Indonesia sudah terjajah selama 434 Tahun terhitung sejak Malaka jatuh pada tahun 1511 Masehi dan Ternate jatuh di tahun 1512 Masehi, " tuturnya.

Refleksi kebangsaan itulah yang ia tekankan pada pertanyaan substansial kepada mahasiswa baru, mengapa kita terjajah? Dari pertanyaan itu salah satu kesimpulan penting yang didapatkan dari penelitiannya adalah soal bagaimana kita bangsa Indonesia tidak memiliki teknologi militer yang canggih, juga kurikulum pendidikan yang belum memadai dalam menggembleng sumber daya manusia ke arah yang lebih maju.

"Berbeda dengan sekarang, bangsa Indonesia sudah merdeka karena jasa para pahlawan kita. Oleh karena itu kita patut bersyukur dengan cara melanjutkan perjuangan mereka. Dalam lingkup kampus sebagai mahasiswa cara bersyukur kita adalah dengan menuntut ilmu secara istiqomah atau konsisten dan bersungguh-sungguh", imbuh Yudian yang juga pernah menjabat sebagai Presiden Asosiasi Universitas Islam Se-Asia 2018-2021.

Baca Juga: Sinergi BPIP dan BRIN Diperlukan untuk Satukan Visi Pembangunan Nasional

Halaman:

Editor: Iman Fakhrudin


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x