Profil Ade Yasin Bupati Bogor Ditangkap KPK: Umur, Suami, Instagram, Karier Politik, hingga Harta Kekayaan

- 27 April 2022, 14:20 WIB
Profil Ade Yasin, Bupati Bogor yang ditangkap KPK, dari umur, suami, Instagram, karier politik, hingga kekayaan.
Profil Ade Yasin, Bupati Bogor yang ditangkap KPK, dari umur, suami, Instagram, karier politik, hingga kekayaan. /Instagram.com/@ademunawarohyasin
BERITA DIY- Berikut profil Ade Yasin, Bupati Bogor yang ditangkap KPK. Simak selengkapnya dari umur, suami, Instagram, karier politik, hingga total harta kekayaan. 
 
Ade Yasin adalah Bupati Bogor yang menjabat sejak 30 Desember 2018 hingga 27 April 2022 di mana ia ditangkap oleh KPK. Bupati Bogor tersebut memiliki nama lengkap yakni Hj. Ade Munawaroh Yasin, S.H., M.H.
 
Ade Yasin dilahirkan pada 29 Mei 1968 dan kini telah berumur 54 tahun. Ade Yasin merupakan adik kandung dari mantan Bupati Bogor yakni Rachmat Yasin yang menjabat selama 2 periode sejak tahun 2008.
 
 
Suami Ade Yasin adalah Yanwar Permadi yang meninggal dunia pada tahun 2020. Dari pernikahannya tersebut, ia memiliki 3 orang anak yakni Nadia Hasna, Humairah, Naufal Hilmi Ikhsan.
 
Ade Yasin berprofesi sebagai pengacara sebelum terjun ke dunia politik dan menjadi pejabat publik. Namun sebelum menjadi Bupati, Ade terlebih dahulu mencicipi karier politiknya sebagai anggota DPRD. 
 
Tahun 2018 ketika pemilihan umum, Ade Yasin maju sebagai calon Bupati Bogor yang diusung oleh PPP, PKB, dan Gerindra. Ade Yasin maju didampingi oleh Iwan Setiawan sebagai calon wakil bupati. 
 
 
Ade Yasin berhasil menjadi bupati setelah mendapatkan suara sebanyak 912,221. Suara tersebut sama dengan 41,12 persen dan berhasil menjadi suara terbanyak dari 4 pasangan lainnya. 
 
Ade Yasin ditangkap oleh KPK bersama beberapa pegawai BPK perwakilan Jawa Barat. KPK menyebutkan bahwa Ade Yasin ditangkap atas dugaan kasus suap. 
 
Namun sampai saat ini, KPK masih menelaah terkait keterlibatan Ade Yasin dalam kasus suap tersebut. Ade dan beberapa BPK lainnya kini masih menjalani status oleh pihak yang berwenang.
 
 
Ade Yasin tercatat dalam LHKPN yang terakhir dilaporkan olehnya pada tahun 2021 memiliki harta kekayaan sejumlah Rp 4,1 miliar. Kekayaannya tersebut berdasarkan beberapa catatan harta yang dimilikinya baik benda bergerak ataupun benda tidak bergerak.
 
Ade Yasin tercatat memiliki tiga bidang tanah dan bangunan senilai Rp 2.290.000.000 (Rp 2,2 miliar). Ketiga bidang tanah dan bangunan bernilai fantastis tersebut tersebar di Bogor.
 
Ade Yasin memiliki harta berupa benda bergerak yakni dua unit mobil senilai Rp 635 juta. Ade tercatat memiliki mobil Mitsubishi Xpander Ultimate tahun 2019 dan BMW 320i tahun 2016.
 
 
Ade Yasin juga melaporkan dirinya memiliki harta bergerak lainnya senilai Rp 600 juta serta kas dan setara kas Rp 726.788.687 (Rp 726 juta). Ade Yasin punya utang Rp 140.607.046 (Rp 140 juta).
 
Ade Yasin kini menjadi salah satu pejabat yang cukup aktif dalam bermedia sosial. Akun Instagram miliknya kini @ademunawarohyasin telah memiliki pengikut sebanyak 74,9 ribu. 
 
Demikian profil lengkap Ade Yasin, Bupati Bogor yang ditangkap KPK atas dugaan kasus suap. Simak selengkapnya dari umur, suami, Instagram, karier politik, hingga total kekayaan.***
 

Editor: Arfrian Rahmanta


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x