Apa Itu 'Inter Parliamentary Union' IPU yang Diisi oleh Puan Maharani? Ini Jumlah Anggota dan Kantor Pusat

- 21 Maret 2022, 16:06 WIB
Puan Maharani membuka sidang  'Inter Parliamentary Union' atau IPU di Nusa Dua, Bali, Minggu, 20 Maret 2022.
Puan Maharani membuka sidang 'Inter Parliamentary Union' atau IPU di Nusa Dua, Bali, Minggu, 20 Maret 2022. /Dok/dpr.go.id

BERITA DIY - Simak apa itu 'Inter Parliamentary Union' atau disingkat IPU yang diisi oleh Ketua DPR RI, Puan Maharani.

Puan Maharani membuka sidang Inter Parliamentary Union (IPU) di Nusa Dua Bali, kemarin, Minggu, 20 Maret 2022.

Sidang IPU ke-144 yang dibuka oleh Puan Maharani berlansung dari tanggal 20 sampai 24 Maret 2022. Dalam pembukaannya, Ketua DPR RI itu menekankan potensi kolaborasi penanganan krisis dunia.

Baca Juga: Mengenal Baju Adat yang Dipakai Jokowi, Ma'ruf Amin, dan Puan Maharani di Upacara HUT RI ke-76

"Berbagai permasalahan global membutuhkan solusi bersama. Solidaritas dan kerja sama menjadi kata kunci yang mewarnai semangat kerja delegasi IPU sepanjang minggu ini. Kami ingin negara-negara pulih bersama dan kuat bersama," ucap Puan Maharani dalam pembukaan Sidang IPU ke-144 di Nusa Dua, Bali, Minggu, 20 Maret 2022, dikutip dari dpr.go.id.

Selain itu, DPR RI membangun kerja sama dengan parlemen dari seluruh dunia guna mencari solusi dalam mengedepankan prinsip demokrasi.

Puan Maharani juga berharap IPU ke-144 dapat mempercepat pemulihan global akibat pandemi Covid-19 dan membangun kembali ketahanan kesehatan global, transofmrasi digital, dan transisi energi.

Baca Juga: Profil Bambang Susantono, Kepala Otorita IKN Nusantara yang Ditunjuk Jokowi: Biodata, Karier, dan Partai Apa?

Sidang IPU ke-144 di Bali dihadiri oleh sejumlah petinggi dari seluruh dunia, di antaranya Presiden IPU Duarte Pachecho, Sekretaris Jenderal IPU Martin Chungong. Lebih lanjut, sidang dihadiri oleh 1.000 orang yang berasal dari 114 perwakilan negara.

Adapun tema IPU ke-144 tahun 2022 mengusung "Getting to Zero: Mobilizing Parliament to Act on Climate Change" atau "Menuju ke Nol: Memobilisasi Parlemen untuk Bertindak Masalah Perubahan Iklim".

Halaman:

Editor: Inayah Bastin Al Hakim


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x